Liga Italia

Bukan Inter, Ini Klub yang Bikin Radja Nainggolan Menyesal

Kamis, 23 April 2020 17:22 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Bintang Inter Milan yang tengah dipinjamkan ke Cagliari, Radja Nainggolan, ternyata menyimpan satu kekecewaan besar sepanjang kariernya di Serie A Italia. Copyright: © Getty Images
Bintang Inter Milan yang tengah dipinjamkan ke Cagliari, Radja Nainggolan, ternyata menyimpan satu kekecewaan besar sepanjang kariernya di Serie A Italia.

INDOSPORT.COM – Bintang Inter Milan yang tengah dipinjamkan ke Cagliari, Radja Nainggolan, ternyata menyimpan satu kekecewaan besar sepanjang kariernya di Serie A Italia.

Gelandang keturunan Indonesia, Radja Nainggolan, menjalani performa terbaiknya ketika membela AS Roma pada periode 2014-2018. Meski gagal meraih gelar apa pun, namun Nainggolan berhasil menahbiskan dirinya sebagai salah satu gelandang terbaik di Italia.

Ia menjadi salah satu sosok kunci di AS Roma, baik pada masa kepelatihan Rudy Garcia, Luciano Spaletti, hingga Eusebio di Francesco. Secara total Nainggolan mencatatkan 155 penampilan dan mencetak 25 gol.

Ia kemudian meninggalkan Roma pada Juni 2018 untuk bergabung dengan Inter Milan. Sayangnya, ia gagal menduplikasi penampilan cemerlangnya di Nerrazurri sehingga kemudian dipinjamkan ke Cagliari pada awal musim ini.

Dilansir Football Italia, gelandang berdarah Batak itu pun mengaku menyesal telah meninggalkan pasukan Giallorossi. “Saya meninggalkan hati saya di Roma, karena itu adalah pengalamannya yang benar-benar unik.”

“Sayangnya, saya membiarkan ego menguasai diri saya dan karena itulah saya kemudian berpindah klub,” katanya.

Nainggolan meninggalkan Roma setelah terlibat perselisihan dengan Direktur Olahraga Roma, Monchi. Ia kemudian memutuskan pindah ke Inter untuk bereuni dengan pelatih Luciano Spaletti yang sempat membesutnya di Roma.

Keputusan itu terbukti menjadi bencana ketika Spaletti kemudian digantikan oleh Antonio Conte pada awal musim ini. Sang pelatih anyar tidak memberinya kesempatan dan memutuskan untuk meminjamkannya ke Cagliari, juga juga merupakan mantan klubnya.

“Saya pergi ke Inter karena sang pelatih benar-benar menginginkan saya di sana. Saya tiba di sana dengan antusiasme tinggi, tapi kemudian saya cedera dan masalah mulai berdatangan.”

Namun meski menyesal meninggalkan Roma, Nainggolan justru berharap bisa kembali ke Inter dan mendapatkan tempat utama di skuat Nerrazurri.

“Saya berharap masih bisa mendapatkan kesempatan lagi, tapi itu tidak terjadi. Dan keputusan itu harus saya terima. Saya masih punya sisa kontrak 2 tahun di Inter dan kita lihat saja apa yang akan terjadi di masa depan, karena ada banyak perubahan di dalam klub.”

Sekadar informasi, Nainggolan sendiri merupakan salah satu pemain Eropa yang memilki keturunan Indonesia. Ibunya merupakan seorang berkebangsaan Belgia, sementara ayahnya berasal dari Indonesia.