Bola Internasional

Menakar Kans Neuer Menjadi Kiper Utama Bayern Munchen di Musim Depan

Kamis, 23 April 2020 05:26 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Apakah Manuel Neuer masih layak menjadi penjaga gawang utama Bayern Munchen? Copyright: © Getty Images
Apakah Manuel Neuer masih layak menjadi penjaga gawang utama Bayern Munchen?

INDOSPORT.COMManuel Neuer mungkin adalah salah satu kiper terbaik yang pernah tercatat di dalam sejarah. Namun, di usianya yang saat ini telah menginjak 34 tahun, apakah dirinya masih akan tetap dipercaya sebagai kiper nomor satu di FC Hollywood?

Dilansir dari laman resmi Bundesliga Jerman, Alexander Nubel yang bakal datang dengan status bebas transfer di bursa transfer musim panas nanti akan diprediksi menjadi salah satu kandidat terkuat yang bisa menggoyang dominasi Neuer di bawah mistar Bayern selama bermusim-musim.

Selain Nubel, Sven Ulreich sebagai kiper cadangan Bayern juga berpotensi bisa menjungkalkan Neuer dari posisi yang telah dia nikmati selama bermusim-musim tersebut.

Untuk lebih mudahnya, mari kita bandingkan Neuer, Nubel, dan Ulreich. Melalui perbandingan tersebut, kita bisa mengetahui apakah Neuer masih layak menadi nomor 1 di Bayern?

Manuel Neuer (34 tahun)

Jumlah laga: 397

Jumlah clean sheets: 190

Neuer adalah jaminan mutu amannya gawang Bayern selama bermusim-musim. Dirinya adalah salah satu figur penting kala Bayern berhasil meraih treble winner di tahun 2013 yang lalu. Kedigdayaannya di bawah mistar tak perlu diragukan lagi.

Namun, cedera yang dialaminya pada musim 2017/18 seakan menjadi isyarat penurunan kariernya. Walaupun telah berada di senja kariernya, tetapi Neuer masih saja bisa tampil gemilang. Walaupun tak segemilang saat dirinya belum mengalami cedera dulu.

Alexander Nubel (23 tahun)

Jumlah laga: 40

Jumlah clean sheets: 13

Nubel adalah kiper masa depan Jerman. Didatangkan secara gratis dari Schalke 04 layaknya Neuer dulu, eks bintang timnas U-21 Jerman ini adalah salah satu kiper yang memiliki potensi untuk menjadi sebesar kompatriotnya itu.

Diprediksi dirinya bakal menjadi pesaing Neuer untuk mendapatkan posisi sebagai penjaga gawang utama Bayern Munchen di musim depan.

Sven Ulreich (31 tahun)

Jumlah laga: 220

Jumlah clean sheets: 52

Ulreich pernah tampil mengesankan saat menggantikan posisi Neuer yang cedera pada musim 2017/18 lalu. Meskipun sempat melakukan blunder di Liga Champions kontra Real Madrid, namun musim tersebut masih dipandang sebagai musim terbaik yang pernah dijalani Ulreich.

Dari ketiga perbandingan tersebut, Neuer masih jauh mengungguli kedua pesaingnya. Namun, penampilannya yang semakin menurun dianggap oleh banyak pandit sebagai isyarat jika dirinya telah habis.

Tampaknya, Bayern harus mencoba untuk memberikan kepercayaan yang lebih pada Ulreich sembari menunggu Nubel beradaptasi.

Dan musim depan, Neuer tampaknya harus lebih legowo jika dirinya tak lagi dijadikan pilihan utama oleh Hansi Flick, mengingat performanya makin ke sini makin terlihat menurun.