In-depth

Ferran Torres, Wonderkid Valencia yang Dijuluki Penerus Joaquin

Kamis, 30 April 2020 16:35 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Clive Mason/Getty Images
Kisah wonderkid klub LaLiga Spanyol Valencia Ferran Torres yang dijuluki penerus Joaquin hingga dianggap cocok ke tim Liga Inggris Liverpool. Copyright: © Clive Mason/Getty Images
Kisah wonderkid klub LaLiga Spanyol Valencia Ferran Torres yang dijuluki penerus Joaquin hingga dianggap cocok ke tim Liga Inggris Liverpool.

INDOSPORT.COM - Berikut ini merupakan kisah wonderkid klub LaLiga Spanyol Valencia Ferran Torres yang dijuluki penerus Joaquin hingga dianggap cocok ke tim Liga Inggris Liverpool.

Kabar tersebut sempat disampaikan langsung oleh Direktur Olahraga Valencia Fernando Gomez. Dirinya menganggap Torres adalah calon bintang.

"Dia masih muda dan telah membuktikan kedewasaannya. Dia juga bertalenta, hebat dalam duel, dan mumpuni cetak gol," kata Gomez dilansir Football Espana, Kamis (30/04/20).

Gomez juga menuturkan kalau Torres dianggap telah mampu untuk bermain di klub dari kompetisi apapun, khususnya kawasan benua Eropa.

"Sistem yang dipakai Klopp di Liverpool saya kira cocok dengannya dan mental Torres pun kuat menghadapi tekanan," sambung Gomez.

Pernyataan tersebut mengindikasikan kalau sang pemain bisa dinegosiasi oleh tim-tim rival Valencia manapun yang memang ingin mengamankan jasa Torres.

Berdasarkan data Transfermarkt, market value Ferran Torres mencapai Rp71,2 miliar (45 juta Euro) per 8 April 2020 dan kontraknya bakal habis pada 30 Juni 2021.

Kisah Cepat Melejit

© Quality Sport Images/Getty Images
Wonderkid klub LaLiga Spanyol Valencia FC Ferran Torres. Copyright: Quality Sport Images/Getty ImagesWonderkid klub LaLiga Spanyol Valencia FC Ferran Torres.

Bernama lengkap Ferran Torres Garcia, pria asal Foios, Spanyol ini lahir pada 29 Februari 2000 silam. Torres berposisi sebagai penyerang sayap kanan.

Torres telah menekuni dunia sepak bola sejak kecil. Bahkan pada usia enam tahun, Torres masuk ke dalam akademi Valencia akibat bakat luar biasanya.

Pada usia 16 tahun, Torres mendapat kesempatan untuk menjalani debut perdana di kompetisi resmi Segunda Division Spanyol B pada 15 Oktober 2016 silam.

Saat itu Torres masuk dari bangku cadangan menggantikan Grego Sierra kala Valencia B vs Mallorca B. Laga tersebut berakhir dengan skor 0-2.

Langkah tersebut membuka jalan Torres untuk dipercaya menjadi bagian Valencia B pada musim 2017-18. Torres sukses mencetak gol perdana pada 26 Agustus 2017.

Saat itu Valencia B sukses mencukur Girone B dengan skor 4-1. Bahkan saat 30 November 2017, Torres menjalani debut perdana dengan tim utama Valencia.

Saat itu Valencia bersua Real Zaragoza di Copa del Rey. Torres menggantikan Nacho Gil dan pertandingan tersebut berakhir dengan skor 4-1.

Dua bulan berikutnya, tepatnya 5 Oktober, Torres sempat dikaitkan bakal digaet rakasasa LaLiga Spanyol Barcelona dan Real Madrid.

© David Aliaga/MB Media/Getty Images
Pemain Timnas Spanyol U-21 Ferran Torres. Copyright: David Aliaga/MB Media/Getty ImagesPemain Timnas Spanyol U-21 Ferran Torres.

Akan tetapi Torres lebih memilih memperpanjang kontrak dengan Valencia dengan mengikat klausul pelepasan mencapai Rp39,5 miliar (25 juta Euro).

Pada 16 Desember 2017, Torres membuat debut pertama di LaLiga Spanyol. Dirinya hanya turun selama sembilan menit dan tak berdaya kala Valencia takluk 1-2 dari Eibar.

Bahkan dirinya menjadi pemain pertama kelahiran 2000-an yang debut di LaLiga Spanyol. Pada 1 Januari 2018, Torres dipromosikan ke tim utama Valencia.

Ferran Torres juga menjalani laga pertama di Liga Champions saat bermain imbang 1-1 bersua Young Boys pada 23 Oktober 2018 silam.

Saat 19 Januari 2019, Torres sukses mencetak gol pertama di LaLiga Spanyol usai masuk sebagai pemain pengganti kala menaklukan Celta Vigo, 2-1.

Lalu Torres juga membuat gol pertama di Liga Champions saat mempecundangi wakil Ligue 1 Prancis Lille dengan skor mencolok 4-1, 5 November 2019.

Torres pun menorehkan rekor sebagai pencetak gol termuda Valencia dalam sejarah kompetisi sekaligus pemain pertama kealhiran 2000 Spanyol mengemas gol di Liga Champions.

Torres juga menjadi pemain termuda ketika membukukan 50 penampilan di LaLiga Spanyol saat bersua Real Betis pada usia 19 tahun 324 hari dan memcahkan rekor Miguel Tendillo (19 tahun, 351 hari).

Dianggap Penerus Joaquin

© Pierre-Philippe Marcou/AFP via Getty Images
Mantan pemain klub LaLiga Spanyol Valencia FC Joaquin Sanchez. Copyright: Pierre-Philippe Marcou/AFP via Getty ImagesMantan pemain klub LaLiga Spanyol Valencia FC Joaquin Sanchez.

Pemain berusia 20 tahun ini dianggap sebagai penyerang sayap yang ofensif, berbakat, dan sangat menjanjikan untuk menjadi aset masa depan.

Torres juga memiliki daya jelajah luas, kinerja yang apik kala bermain melebar di sisi lapangan, serta sering kalu masuk ke area kotak penalti.

Hal-hal barusan sempat diutarakan oleh jurnalis media massa sepak bola Spanyol Guillem Balgue. Juga Direktur Akademi Valencia Jose Gimenez.

Menurut media-media setempat, Ferran Torres dijuluki penerus eks Valencia (2006-11) Joaquin Sanchez akibat gaya permainan yang cukup serupa.

Torres juga kerap dipanggil untuk membela Timnas Spanyol kelompok usia mulai dari U-17 (2016-17), U-19 (2018-19), dan U-21 (2019-sekarang).

Sejauh ini Torres telah merengkuh Cope del Rey (2018-19), Piala Eropa U-17 (2017), dan U-19 (2019). Total Torres dsudah membuat enam gol dan tujuh assists dari 62 laga bersama Valencia.

Berdasarkan data Whoscored, keunggulan Torres ialah aerial duels dan holding on to the ball. Sedangkan crossing dan defensive contribution menjadi kekurangan.

Kini Liverpool berpeluang untuk mendaratkan Torres sebagai ancang-ancang pengganti penyerang Sadio Mane yang dirumorkan hengkang ke Real Madrid atau Barcelona.