Liga Indonesia

2 Supersub Terbaik Era Liga 1 2017-2020

Minggu, 3 Mei 2020 11:31 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© Ofisial PSM
Julukan Supersub layak disematkan ke dua pemain Indonesia era Liga 1 2017-2020, yakni  Ferdinand Sinaga serta Dendy Sulistyawan. Copyright: © Ofisial PSM
Julukan Supersub layak disematkan ke dua pemain Indonesia era Liga 1 2017-2020, yakni Ferdinand Sinaga serta Dendy Sulistyawan.

INDOSPORT.COM - Supersub adalah julukan yang biasanya diberikan ke pemain pengganti yang kerap menjadi penentu hasil akhir pertandingan. Tak hanya di sepak bola dunia, namun julukan itu juga layak disematkan ke dua pemain Indonesia era Liga 1 2017-2020, yakni  Ferdinand Sinaga serta Dendy Sulistyawan.

Jika di luar negeri kita mengenal Ole Gunnar Solskaer yang kini jadi pelatih Manchester United, lalu Javier 'Chicharito' Hernandez dan lainnya, maka di Indonesia ada Ferdinand Sinaga serta Dendy Sulistyawan.

Berdasarkan catatan Labbola, Ferdinand adalah pemain tersubur. Dari total 32 gol yang dilesakan selama berseragam PSM Makassar dari 2017, delapan diantaranya dibuat saat masuk sebagai pemain pengganti.

Secara keseluruhan, Ferdinand telah tampil 89 kali dipentas Liga 1. The Dragon mengawali 42 laga dari bangku cadangan.

Sementara itu, Dendy sejauh ini menorehkan lima gol dan tiga assist. Pemain Bhayangkara FC itu telah bermain 76 kali di era Liga 1 dan 35 diantaranya masuk sebagai pemain pengganti.

Catatan kedua pemain tersebut masih bisa bertambah, sebab musim ini keduanya masih berkompetisi di Liga 1. Keduanya pun kerap mengawali laga dari bangku cadangan karena harus bersaing dengan striker asing yang dimiliki PSM dan Bhayangkara FC.

Ketajaman Ferdinand tak usah diragukan lagi. Ia pernah menjadi topskor pada musim 2011 saat bersama Semen Padang di Liga Primer Indonesia, lalu topskor Asian Games 2014. Sedangkan Dendy, dengan usianya yang masih muda diyakini masih bisa berkembang.