Liga Inggris

Perbedaan Jurgen Klopp dan Pep Guardiola Menurut Legenda Italia

Minggu, 10 Mei 2020 07:34 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Rafif Rahedian
© Michael Steele/Getty Images
Legenda Timnas Italia, Fabio Cannavaro, membeberkan perbedaan permainan Jurgen Klopp dan Pep Guardiola dalam melatih Copyright: © Michael Steele/Getty Images
Legenda Timnas Italia, Fabio Cannavaro, membeberkan perbedaan permainan Jurgen Klopp dan Pep Guardiola dalam melatih

INDOSPORT.COM - Mantan bek Timnas Italia, Fabio Cannavaro, memberikan penilaiannya terhadap dua pelatih ternama dunia yang kini bermain di Liga Inggris, Jurgen Klopp dan Pep Guardiola.

Dewasa ini, baik Klopp dan Guardiola disebut sebagai dua pelatih terbaik dunia. Hal ini lantaran metode dan taktik yang mereka mainkan sangat memanjakan mata. Cannavaro pun yang saat ini menjadi pelatih, turut memberi pujian kepada keduanya sekaligus mengungkapkan perbedaan keduanya.

"Saya suka dengan mentalitas yang dimiliki (Jurgen) Klopp. Tapi di waktu bersamaan, saya suka dengan kultur Pep (Guardiola) tentang sepak bola karena selalu ingin intensitas tinggi dengan atau tanpa bola," ujar Cannavaro.

Fabio Cannavaro yang kini menjadi pelatih tim China, Guangzhou Evergrande, pun menyebutkan baik Jurgen Klopp dan Pep Guardiola sama dalam satu hal. Yakni menguasai pertandingan untuk menang. Ia pun setuju dengan hal itu kendati dirinya memiliki sistem yang berbeda.

"Tetapi kamu harus menguasai pertandingan dan mencoba menang (seperti Klopp dan Guardiola). Saya memiliki sistem tersendiri dan saya harap suatu saat kalian bisa melihatnya," pungkasnya.

Baik Klopp dan Guardiola memang dikenal sebagai pelatih yang mengandalkan permainan mendominasi untuk meraih kemenangan. Intensitas permainan yang tinggi diperagakan kedua pelatih tersebut dan dapat memanjakan mata pecinta sepak bola.

Fabio Cannavaro pun tak menutup kemungkinan ingin beradu strategi dengan Jurgen Klopp dan Pep Guardiola suatu saat nanti. Terlebih dirinya mengaku ingin mencicipi Liga Inggris.