Bola Internasional

3 Kejadian di Jagat Sepak Bola Pada 11 Mei: Ada Sejarah Ronaldo

Senin, 11 Mei 2020 22:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© metro.co.uk
Tanggal 11 Mei menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi sejumlah klub sepak bola papan atas Eropa, termasuk Cristiano Ronaldo yang memenangkan Liga Inggris. Copyright: © metro.co.uk
Tanggal 11 Mei menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi sejumlah klub sepak bola papan atas Eropa, termasuk Cristiano Ronaldo yang memenangkan Liga Inggris.

INDOSPORT.COM – Tanggal 11 Mei menjadi salah satu hari yang bersejarah bagi sejumlah klub sepak bola papan atas Eropa. Di tanggal ini pula, Cristiano Ronaldo mengangkat trofi Liga Inggris pertama kali bersama Manchester United.

Menjelang penghujung musim, bulan Mei akan jadi momen yang cukup krusial bagi tim-tim yang mengikuti liga dan turnamen sepak bola di Eropa.

Tepat di tanggal 11 bulan Mei ini pula sejumlah legenda pernah menorehkan prestasi yang mampu mendongkrak kariernya di puncak kejayaan.

Berikut ini redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkum tiga kejadian bersejarah dalam dunia sepak bola yang terjadi di tanggal 11 Mei.

1. 11 Mei 1994 – Inter Milan Juara Liga Champions

Tepat 11 Mei 26 tahun yang lalu, legenda penyerang Inter Milan, Dennis Bergkamp mengangkat piala UEA (Liga Champions) setelah timnya memetik kemenangan atas tim asal Austria, Casino Salzburg, dengan skor 1-0 di leg kedua babak final yang digelar di San Siro, Milan.

Sebelumnya Inter juga sudah memenangkan leg pertama dengan skor yang sama berkat gol Nicola Berti, sehingga tim berhak atas keunggulan agregat 2-0 atas Salzburg.

Pada turnamen itu pula, Bergkamp berhasil jadi pencetak gol terbanyak dengan total delapan gol, bersama dengan pemain asal Jerman Edgar Schmitt.

2. 11 Mei 2006 – Luis Figo Juara Piala Super Italia

Tepat 14 tahun silam, Inter Milan yang masih diperkuat Luis Figo menjuarai Piala Super Italia. Tim berhasil juara berkat sontekan tiga gol dari Kily Gonzalez, Sebastian Veron dan Julio Cesar untuk kemenangan 3-1 atas AS Roma.

Hasil ini membuat mereka menang setelah unggul secara agregat 4-2, setelah di leg sebelumnya kedua kubu hanya mampu bermain imbang.

Inter Milan berhasil finis di tempat ketiga di Serie A Italia musim 2005-2006 namun berhasil dinobatkan sebagai juara karena Juventus dicopot statusnya sebagai juara akibat skandal pengaturan skor.

Sayang, keberhasilan Inter tidak berlanjut di musim berikutnya.  AS Roma berhasil membalas dendam dengan kemenangan agregat 7-4 di babak final, termasuk skor telak 6-2 di leg pertama. Ini membuat Inter gagal juara liga untuk kedua kalinya secara beruntun.

3.11 Mei 2008 - Cristiano Ronaldo Sabet Juara Liga Inggris Kedua

Cristiano Ronaldo bersama Nani pernah mengangkat trofi Liga Inggris bersama-sama. Dua pemain ini membantu Manchester United memetik kemenangan 2-0 atas Wigan Athletic di laga terakhir musim 2007/08.

Kemenangan diraih berkat tendangan penalti yang dicetak oleh Cristiano Ronaldo di menit ke-33, yang jadi gol liga ke-31nya di musim tersebut, serta sumbangan gol dari Ryan Giggs.

Ronaldo juga menjadi pencetak gol terbanyak dengan 42 gol di semua ajang pada musim tersebut. dia juga membantu Man United merebut trofi Liga Champions ketiga mereka di akhir bulan Mesi setelah menang dalam adu penalti melawan Chelsea di final di Moskow.