Liga Spanyol

Mengenang Momen Terbaik Andres Iniesta Bersama Barcelona

Senin, 11 Mei 2020 21:32 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© INDOSPORT
Penggemar sepak bola, khususnya fans Barcelona, pasti sangat mengenal sosok gelandang legendaris Andres Iniesta. Copyright: © INDOSPORT
Penggemar sepak bola, khususnya fans Barcelona, pasti sangat mengenal sosok gelandang legendaris Andres Iniesta.

INDOSPORT.COM – Penggemar sepak bola, khususnya fans Barcelona, pasti sangat mengenal sosok gelandang legendaris Andres Iniesta. Pemain lulusan La Masia ini merupakan salah satu gelandang terbaik yang pernah dimiliki Blaugrana.

Tanggal 11 Mei adalah hari penting bagi Andres Iniesta setiap tahunnya. Pasalnya, pada tanggal itulah sang gelandang flamboyan itu merayakan hari ulang tahunnya. Untuk merayakan ulang tahun Iniesta, INDOSPORT mengajak Anda mengenang kembali perjalanan kariernya di Barcelona.

Iniesta yang tahun ini genap  berusia 36 tahun memang sudah meninggalkan Barcelona yang dibelanya sejak kecil untuk bermain di Liga Jepang bersama Vissel Kobe. Namun tak bisa dipungkiri bersama Barcelona-lah Iniesta mencapai puncak kariernya.

Kebersamaan Iniesta dan Barcelona sudah dimulai sejak sang pemain masih anak-anak. Pada umur 12 tahun, Iniesta yang sudah menunjukkan bakat besarnya dibawa ke Barcelona oleh orangtuanya.

Di sana, pelatih tim muda Barcelona yang juga teman orang tuanya, Enrique Orizaola, memasukkan Iniesta ke dalam La Masia karena sudah sejak lama terpikat oleh permainannya.

Meski sempat menangis karena harus  berpisah dengan orang tuanya, Iniesta terbukti menjadi pemain yang menonjol di  akademi Barcelona itu. 

Puncak performa Iniesta di tim muda Barcelona terjadi ketika ia menjadi kapten untuk Barcelona U-15. Ketika tampil dalam ajang Nike Premier Cup tahun 1999, Iniesta mencetak gol kemenangan di menit akhir pertandingan final. Belakangan ia juga dinobatkan sebagai pemain terbaik di turnamen itu.

Bakat besar Iniesta akhirnya membawanya menembus tim senior Barcelona. Ia pun berhasil mereplikasi kehebatannya di tim muda dengan tampil gemilang bersama tim senior Barcelona.

Secara total Iniesta membela Barcelona selama 16 musim meski gagal mengakhiri kariernya di sana. Dalam periode panjang itu, ia tampil sebanyak 674 kali dengan sumbangan 57 gol dan 140 assist.

Tak hanya itu, ia juga berperan penting membantu Barcelona meraih sejumlah gelar, termasuk 9 gelar juara LaLiga Spanyol dan 3 trofi Liga Champions.

Meski sang pemain tidak mengakhiri kariernya di Barcelona dan memilih hengkang ke Vissel Kobe pada tahun 2018 lalu, tidak dipungkiri sosoknya kini sudah menjadi legenda bagi Barcelona.

Selamat ulang tahun, Andres Iniesta!