Liga Indonesia

Egy Maulana Berpotensi Susul 3 Eks Timnas yang Berkarier di Spanyol

Selasa, 12 Mei 2020 18:16 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© http://lechia.pl
Berikut ini ada 3 eks Timnas Indonesia sudah berkarier di kompetisi Liga Spanyol jauh sebelum rencana Egy Maulana Vikri. Copyright: © http://lechia.pl
Berikut ini ada 3 eks Timnas Indonesia sudah berkarier di kompetisi Liga Spanyol jauh sebelum rencana Egy Maulana Vikri.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 3 eks Timnas Indonesia sudah berkarier di kompetisi Liga Spanyol jauh sebelum rencana Egy Maulana Vikri.

Baru-baru ini salah satu talenta muda berbakat asal Indonesia Egy Maulana Vikri memiliki hasrat untuk bisa berkarier terus di kawasan Eropa.

Apalagi saat ini kontrak Egy Maulana bersama klub Ekstraklasa (Liga 1 Polandia) Lechia Gdansk bakal segera habis 30 Juni 2021 mendatang.

Namun menurut catatan situs penyedia statistik pemain, Transfermarkt, kontrak Egy Maulana bakal mendapat tambahan opsi perpanjangan dua tahun.

Opsi tersebut bisa diaktifkan tentunya dari hasil evaluasi staf pelatih terhadap performa Egy Maulana selama tiga tahun di Lechia Gdansk.

Maka Egy Maulana sudah berancang-ancang untuk mencari klub dan kompetisi baru jika nantinya tidak diperpanjang oleh Lechia Gdansk.

Hal tersebut terungkap lewat sebuah perbincangan antara Egy Maulana dan Menpora Zainudin Amali di akun media sosial Instagram resmi Kemenpora.

"Beberapa tahun ke depan kontrak saya habis. Kalau bisa saya ingin mencoba di Liga Portugal atau Liga Spanyol," ungkap Egy, Sabtu (10/05/20).

Melihat nama ajang terakhir, tak ada salahnya bagi Egy Maulana beserta sang agen untuk mulai mencari tahu klub Spanyol mana yang berminat.

Meski demikian, diketahui ada deretan bintang Timnas Indonesia yang diketahui sempat ataupun masih berkarier di Liga Spanyol. Simak.

1. Mahir Radja

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pemain baru yang dipanggil mengikuti TC Timnas U-23 asal Bhayangkara FC, Mahir Radja (tengah) pada latihan Timnas U-23 jelang Pra Piala Asia U-23 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (05/03/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTPemain baru yang dipanggil mengikuti TC Timnas U-23 asal Bhayangkara FC, Mahir Radja (tengah) pada latihan Timnas U-23 jelang Pra Piala Asia U-23 di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (05/03/19).

Talenta muda asal Indonesia Mahir Radja Satya diketahui sempat menjalani karier di Liga Spanyol jauh sebelum keinginan Egy Maulana Vikri.

Mahir Radja sempat dikontrak oleh klub kasta keempat Liga Spanyol Deportivo Castellon SAD dan harus masuk ke skuat U-19 lebih dulu.

Kala itu Mahir diganjar kontrak selama kurang lebih tiga tahun (2013-16). Lalu pada 2017 Mahir juga sempat dikontrak oleh klub Union Deportiva Alcudia.

Meski begitu Mahir baru bisa menjalani pemusatan latihan saja bersama Timnas Indonesia U-22 dan belum merasakan kompetisi resmi di level internasional.

2. Dallen Doke

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
pemain Timnas U-22, Dallen Ramadhan Doke (Bali United) Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTpemain Timnas U-22, Dallen Ramadhan Doke (Bali United)

Selanjutnya ada Dallen Ramadhan Rovani Doke yang juga ternyata telah merasakan ketatnya kompetisi Liga Spanyol jauh sebelum Egy Maulana Vikri.

Beberapa klub Liga Spanyol seperti Racing Algemessi, CD Castellon, Union Deportiva Alcudia, hingga Torre Levante pernah dijajal Dallen.

Dallen juga diketahui hanya bisa merasakan pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia U-22. Dirinya dicoret lantaran belum sesuai skema pelatih.

3. Khairul Imam Zakiri

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Pesepakbola muda Indonesia, Khairul Imam Zakiri. Foto: Shintya Anya Maharani/INDOSPORT Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTPesepakbola muda Indonesia, Khairul Imam Zakiri. Foto: Shintya Anya Maharani/INDOSPORT

Berikutnya ada Khairul Imam Zakiri yang menjadi salah satu pemain Indonesia pernah merasakan kompetisi Liga Spanyol sebelum Egy Maulana.

Terlebih saat ini Khairul Imam Zakiri tengah membela Gymnasia Ceuta. Klub tersebut bermain di kasta tertinggi kompetisi U-19 Spanyol Grup 4.

Tak hanya itu Khairul juga pernah membela Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia. Akan tetapi Khairul belum menjalani debut.

4. Arthur Irawan

© Ngopibareng.id
Arthur Irawan saat latihan di Lapangan Polda Jatim. Copyright: Ngopibareng.idArthur Irawan saat latihan di Lapangan Polda Jatim.

Terakhir ada pemain kelahiran Surabaya Arthur Irawan yang sempat mencicipi ketatnya persaingan Liga Spanyol bersama klub Espanyol B dan Malaga B.

Hal itu terjadi kisaran musim 2012 hingga 2014 silam. Arthur menjalani beberapa pertandingan saja kala itu tanpa mencetak satupun gol.

Arthur sendiri pernah bermain untuk Timnas Indonesia senior kala menghadapi Timor Leste di laga uji coba sebelum tampil di Piala AFF 2012.

Artinya Egy Maulana bisa sedikit belajar dengan beberapa pemain Indonesia di atas yang pernah mencicipi ketatnya persaingan di Liga Spanyol.