Liga Indonesia

Antiklimaks Laga Borneo FC vs Persebaya Liga 1 Musim 2018

Sabtu, 16 Mei 2020 20:33 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Yohanes Ishak
© liga-indonesia.id
Pertandingan antara Borneo FC vs Persebaya Surabaya di tahun 2018 lalu. Copyright: © liga-indonesia.id
Pertandingan antara Borneo FC vs Persebaya Surabaya di tahun 2018 lalu.

INDOSPORT.COM - Suporter Persebaya Surabaya, Bonekmania tentu tidak akan lupa dengan salah satu pertandingan Borneo FC vs Persebaya Surabaya pada Jumat, (11/05/18) dua tahun lalu di Stadion Segiri, Samarinda.

Pertandingan tersebut memang diakhiri dengan skor imbang 2-2 oleh kedua tim, tapi dibalik itu semua, hasil imbang yang didapatkan Bajul Ijo pada pertandingan tersebut tentu sangat merugikan bagi Rendi Irwan dan kolega saat itu.

Pasalnya sebelum pertandingan lawan Pesut Etam (julukan Borneo FC) Bonekmania punya ekspektasi tinggi. Hal tersebut dikarenakan pada pertandingan sebelumnya, dalam derby Jatim antara Persebaya vs Arema FC pada Minggu, (6/05/18) di Stadion GBT. Pertandingan itu berhasil dimenangkan Bajul Ijo dengan skor tipis 1-0.

Tentunya dengan melihat hasil tersebut, Bonekmania ingin tim kebanggaannya itu tampil lebih bagus lagi dan meraih kemenangan. Suntikan mereka yang untuk Persebaya begitu terasa kala itu. 

Pada saat pertandingan, Persebaya langsung melancarkan serangan begitu peluit di bunyikan wasit di babak pertama. Ruben Sanadi melepaskan tendangan spekulasi setelah mendapat bola muntah, namun tendangannya masih melebar. 

Tuan rumah kembali mengancam dari Titus Bonai yang berdiri di kotak penalti, namun bola hasil tendangannya masih melambung tinggi. Irfan Jaya kembali melepaskan tendangan ke arah gawang, namun sepakannya masih terlalu lemah. 

Sementara itu tendangan Lopicic bagi tuan rumah juga masih melebar pada menit ke-31. Kedua tim ini saling jual beli serangan hingga babak pertama berakhir dengan skor tetap 0-0.

Kemudian pada babak kedua, pola permainan tidak jauh berbeda dari babak pertama. Keduanya masih saling jual beli serangan, karena ingin sama-sama lebih unggul terlebih dahulu. Dewi fortuna tampaknya berpihak lebih dahulu kepada Persebaya, mereka berhasil unggul terlebih dahulu.

Irfan Jaya berhasil lolos dari jebakan offside dan mengambil umpan loop dari Pahabol. Irfan berhasil menceploskan bola ke gawang M Ridho pada menit ke-47. 

Tuan rumah akhirnya mendapat hadiah penalti setelah Sultan Samma dilanggar di kotak penalti. Lerby Eliandri yang menjadi algojo berhasil mengelabui Miswar dengan menempatkan bola ke sisi yang berlawanan dari arah Miswar bergerak. 

Keberhasilan tuan rumah menyamakan kedudukan 1-1 tak dibiarkan Persebaya. Mereka berusaha memperlebar jarak dan akhirnya berhasil melalui gol David Da Silva pada menit ke-78.

Tapi keunggulan Persebaya tidak bisa mereka pertahankan hingga pertandingan berakhir. Borneo FC melalui Lerby berhasil menyundul bola hasil bola liar buah sundulan juga dari Marion Da Silva. Skor pun menjadi 2-2 sampai pertandingan berakhir.

Susunan Pemain kedua tim. 

Borneo FC (4-2-3-1)

Ridho; Tupamahu, Baymatov, Alhadji, Rahman; Faubert, Lopicic; Abrizal, Samma, Bonai; Lerby. 

Pelatih: Dejan Antonic

Persebaya (4-2-3-1)

Miswar; Rizal, Imbiri, Syaifuddin, Sanadi; Alom, Rendi; Pahabol, Robertino, Irfan; Rishadi.

Pelatih: Angel Alfredo Vera