Bola Internasional

Jadi Korban, Chiellini Malah Puji Gigitan Suarez di Piala Dunia

Jumat, 22 Mei 2020 15:40 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© INDOSPORT
Piala Dunia 2014 diwarnai momen menggemparkan gigitan Luis Suarez terhadap Giogio Chiellini. Namun, kini sang bek tengah Italia  justru memuji aksi Suarez itu. Copyright: © INDOSPORT
Piala Dunia 2014 diwarnai momen menggemparkan gigitan Luis Suarez terhadap Giogio Chiellini. Namun, kini sang bek tengah Italia justru memuji aksi Suarez itu.

INDOSPORT.COM – Piala Dunia 2014 diwarnai momen menggemparkan gigitan Luis Suarez terhadap Giogio Chiellini. Namun, kini sang bek tengah Italia  justru memuji aksi Suarez itu.

Penyerang Uruguay yang kini membela Barcelona, Luis Suarez, memang dikenal kerap membuat ulah kontroversial. Salah satu yang paling terkenal adalah ketika ia menggigit bahu Giorgio Chiellini dalam duel Italia vs Uruguay di babak grup Piala Dunia 2014.

Aksi nakal tersebut tidak membuahkan hukuman bagi Suarez di tengah laga. Namun, belakangan ia menerima hukuman berat dengan larangan bertanding selama 4 bulan.

Uniknya, meski menjadi korban pemainan tidak lazim dari Suarez, Chiellini rupanya tidak menyimpan dendam. Bek Juventus yang kini berusia 35 tahun itu justru memuji tindakan curang sang penyerang Uruguay.

“Kelicikan adalah bagian dari sepak bola. Saya tidak akan menyebutnya tidak sah. Untuk bisa melewati lawan Anda harus cerdas,” tulis Chiellini dalam buku autobiografinya yang berjudul Io, Giorgio.

Lebih lanjut, ia menyebut bahwa salah satu kunci kebintangan Suarez adalah kemampuannya bermain curang. “Saya mengagumi kelicikannya. Tanpa sifat seperti itu, dia hanya akan menjadi penyerang yang biasa-biasa saja.”

Saat mengenang momen tersebut, ia mengaku tak ada yang aneh sebelum menerima gigitan dari Suarez.

“Saya mengawal Cavani pada sebagian besar pertandingan itu, penyerang yang juga sulit dijaga dan kami harus berusaha sekuat tenaga untuk melakukannya.”

“Tiba-tiba saya menyadari bahu saya digigit. Hal itu terjadi begitu saja, namun itu adalah bagian dari strategi Suarez saat melakukan kontak fisik, dan jujur saja, juga merupakan strategi saya. Saya dan dia sangat mirip dan saya senang menghadapi penyerang seperti dirinya,” pungkas Chiellini.

Chiellini sendiri akhirnya harus membawa bekas gigitan Suarez itu sebagai suvenir yang ia bawa pulang dari Piala Dunia 2014 itu. Dalam laga melawan Uruguay itu Italia akhirnya kalah 0-1 sehingga hanya finis di peringkat 3 babak grup dan gagal melaju ke babak 16 besar.