Bola Internasional

5 Transfer Paling Menguntungkan Sepanjang Sejarah Ajax Amsterdam

Sabtu, 23 Mei 2020 17:44 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Isman Fadil
© Grafis:Yanto/Indosport.com
Deretan lima pemain yang mampu memberi keuntungan berlipat ganda kepada Ajax Amsterdam dalam proses transfernya Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport.com
Deretan lima pemain yang mampu memberi keuntungan berlipat ganda kepada Ajax Amsterdam dalam proses transfernya

INDOSPORT.COM - Ajax Amsterdam terkenal berkat kemampuaannya melahirkan bintang dan prestasinya dalam meraih berbagai gelar baik di Eropa dan di Belanda.

Sejak berdiri pda tahun 1900, berbagai gelar baik domestik dan internasional telah diraih Ajax. Dapat dikatakan, De Godenzonen menjadi salah satu tim terbaik dan tersukses di Belanda.

Sejatinya tak hanya gelar saja yang membuat Ajax terkenal. Perekrutan pemain, pengembangan pemain, akademi dan sejarahnya membuat klub ini terpandang di Eropa. Bahkan bisa dikatakan, Belanda harusnya berterima kasih kepada De Godenzonen yang telah melahirkan bakat-bakat hebat bagi negeri Tulip.

Berbicara mengenai pemain hebat yang pernah membela Ajax, tentu bukan rahasia lagi bagaimana cara mereka menyulap para pemain menjadi pemain ternama yang diincar tim-tim Eropa. Bahkan, cara De Godenzonen menuai apresiasi karena berhasil memberi keuntungan berlipat ganda bagi tim asal Amsterdam tersebut.

Setidaknya ada lima pemain yang telah memberi keuntungan ratusan milyar hingga triliunan Rupiah bagi Ajax Amsterdam. Berikut lima pemain dengan keuntungan terbesar yang didapat De Godenzonen.

1. Hakim Ziyech

Pada Februari 2020, dunia sepak bola digemparkan dengan kepindahan Hakim Ziyech ke Chelsea. Pasalnya, tak banyak rumor yang mengabarkan transfer ini. Namun Ajax nampak tergoda dengan tawaran The Blues yang berkisar di angka Rp653 miliar.

Ziyech sendiri didatangkan Ajax dari FC Twente pada 2016 silam dengan harga hanya Rp237 miliar. Namun hanya butuh waktu 3,5 musim, De Godenzonen berhasil melegonya ke Chelsea dan meraih keuntungan Rp416 miliar.

2. Arkadiusz Milik

Penyerang asal Polandia ini juag memberi keuntungan besar bagi Ajax. Pada 2015 silam, Milik didatangkan dengan harga Rp46 miliar saja dari Bayer Leverkusen.

Hanya butuh semusim, Ajax berhasil melegonya ke Napoli dengan harga Rp522 miliar. Total keuntungan diraup De Godenzonen adalah Rp476 miliar.

3. Davinson Sanchez

Tak ada yang mengenal Davinson Sanchez sebelumnya. Wajar saja mengingat dirinya bermain di Atletico Nacional atau tim dari Kolombia. Namun tidak bagi Ajax Amsterdam.

Mengetahui bakatnya, Ajax langsung memboyongnya ke Belanda pada 2016 silam dengan mahar Rp81 miliar saja sebelum menjualnya pada 2017 silam ke Tottenham Hotspur dengan mahar Rp653 miliar. Jika dihitung, keuntungan yang didapat De Godenzonen adalah Rp572 miliar.

4. Frenkie de Jong

Pada musim 2017/18, jagat sepak bola dikejutkan dengan bakat muda Ajax bernama Frenkie de Jong. Kehebatannya mengontrol permainan menjadi buah bibir, terutama saat De Godenzonen menembus semifinal Liga Champions.

Ada kisah unik ternyata dibalik kesuksesan De Jong. Ia didatangkan pada 2015 hanya dengan mahar Rp16 miliar. Namun, pada 2019, Barcelona tertarik membawanya dan Ajax berhasil menjualnya dengan harga Rp1,2 triliun. Keuntungan yang diraih De Godenzonen adalah Rp1,09 triliun.

5. Matthijs de Ligt

Dan pemain yang paling memberi keuntungan bagi Ajax Amsterdam sejauh ini adalah Matthijs de Ligt. Bagaimana tidak untung apalagi melihat rekam jejak sang pemain.

De Ligt sejatinya merupakan pemain binaan akademi Ajax. Pada 2016, ia berhasil menembus skuat utama dan menjadi palang pintu De Godenzonen. Pada 2019, Juventus datang mengetuk pintu dan berhasil memboyongnya ke Turin.

Total Rp1,3 triliun berhasil dikantongi Ajax Amsterdam dari produk akademinya tersebut sekaligus menahbiskan De Ligt sebagai pemain paling menguntungkan sepanjang sejarah De Godenzonen secara nilai transfer.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%