Liga Champions

Ada Legenda Milan, Ini 7 Kiper Terbaik dalam Sejarah Liga Champions

Sabtu, 23 Mei 2020 15:30 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
© Grafis: Tim/Indosport.com
Berikut tersaji tujuh penjaga gawang terbaik yang pernah berlaga di Liga Champions, dimana salah satunya adalah Nelson Dida dari AC Milan. Copyright: © Grafis: Tim/Indosport.com
Berikut tersaji tujuh penjaga gawang terbaik yang pernah berlaga di Liga Champions, dimana salah satunya adalah Nelson Dida dari AC Milan.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji tujuh penjaga gawang sepak bola terbaik yang pernah berlaga di Liga Champions, dimana salah satunya adalah Nelson Dida dari raksasa Serie A Italia, AC Milan.

Kompetisi Liga Champions pernah menjadi laga adu kuat kiper-kiper tangguh di Eropa. Era tersebut terjadi pada 2000-an, dimana pemain-pemain seperti Paolo Maldini, Frank Lampard, dan lain-lain masih berada di masa kejayaan mereka.

Status pemain terbaik tentu bukan saja disematkan oleh striker atau gelandang. Kiper pun pantas mendapatkan hal tersebut. Berikut, melansir dari laman portal berita olahraga Fox Sports, tujuh penjaga gawang terbaik dunia dalam sejarah Liga Champions.

1. Iker Casillas

Iker Casillas merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki oleh Real Madrid. Ia punya rekor clean sheets di Liga Champions sebanyak 57 kali. Sayangnya, ia sudah pensiun usai terkena serangan jantung.

2. Edwin Van der Sar

Pecinta sepak bola 90-an pasti mengenal sosok Edwin Van der Sar, kiper Belanda yang menjadi megabintang Manchester United. Ia memiliki rekor clean sheets 51 kali di Liga Champions.

3. Manuel Neuer

Manuel Neuer mulai dikenal saat ia memperkuat Bayern Munchen pada 2011 yang lalu. Ia punya rekor clean sheets sebanyak 33 dan pernah meraih penghargaan Kiper Terbaik Dunia IFHHS dan Kiper Terbaik UEFA.

4. Oliver Kahn

Oliver Kahn juga merupakan salah satu legenda Bayern Munchen. Bersama sosok yang berjuluk 'The Titan' ini, The Bavarian sukses menjuarai Liga Champions 2000-2001.

5. Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon masih aktif bermain sebagai kiper di Juventus, meski tak sering jadi andalan. Namun, ia sudah tampil di Liga Champions sebanyak 100 kali dan melakukan clean sheets 43 kali.

6. Petr Cech

Legenda Chelsea yang usai pensiun, merambah ke dunia musik. Petr Cech punya rekor 46 clean sheets dan pernah membawa The Blues juara Liga Champions 2011-2012.

7. Nelson Dida

Kiper legendaris AC Milan asal Brasil, Nelson Dida, pernah menjadi salah satu kiper terhebat di Serie A Liga Italia. Di Liga Champions, ia memiliki 35 clean sheets dan membawa Rossoneri juara dua kali (2002-2003, 2006-2007).

Itulah tujuh penjaga gawang terbaik yang pernah tampil dalam sejarah Liga Champions. Meski mereka telah pensiun, tapi nama besar dan penampilan fantastis mereka tetap akan selalu dikenang oleh para pecinta sepak bola dunia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%