Liga Italia

Jago Umpan, Ini 5 Bintang Serie A yang Berjuluk 'Pass Master'

Minggu, 24 Mei 2020 21:57 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima pemain sepak bola Serie A Liga Italia yang pernah memiliki julukan 'pass master' karena keahlian mereka dalam mengumpan bola.

Kunci keberhasilan sebuah tim sepak bola bukan hanya dari kehebatan para striker yang mereka miliki dalam mencetak gol ke gawang lawan, tapi juga seberapa hebat para pemain melakukan umpan-umpan matang.

Karena, seorang striker tidak akan bisa mencetak gol jika tidak didukung oleh pemain lain yang lihai dalam memberikan umpan matang kepadanya. Sehingga, peran pemain lain ini tidak kalah pentingnya.

Berikut tersaji lima pemain sepak bola yang pernah berlaga di Serie A Liga Italia, yang berjuluk 'pass master' atau ahli umpan seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Bleacher Report.

1. Diego Maradona

Legenda Argentina, Diego Maradona, pernah memperkuat Napoli pada 1984-1991. Ia merupakan 'pesaing' legenda Brasil, Pele, dalam sejarah sepak bola. Selain jago mencetak gol, Maradona juga ahli memberi umpan untuk membantu serangan.

2. Kaka

Ricardo Kaka merupakan mantan playmaker AC Milan. Ia memperkuat Rossoneri selama dua periode, yaitu pada 2003-2009 dan 2013-2014. Selama di San Siro, ia sukses menyumbang 85 assists dari total 307 pertandingan yang ia jalani.

3. Francesco Totti

Mantan playmaker AS Roma, Francesco Totti, juga sangat mahir dalam hal assist. Dia mampu mencetak rata-rata 8,125 assist per musim selama 16 musim terakhirnya. Hal ini juga tak lepas dari perannya yang sering disebut sebagai false-nine.

4. Andrea Pirlo

Mantan gelandang Inter Milan, AC Milan, dan Juventus, Andrea Pirlo. Dengan kemampuannya itu, Pirlo pernah mendapat penghargaan IFFHS World's Best Playmaker, 2006 FIFA World Cup: Top Assists Provider, 2011-12 Serie A Top Assist Provider, dan lain-lain.

5. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane pernah membela Juventus pada 1996-2001. Meskipun terbilang singkat, tapi Zidane sukses memberikan teror bagi bek lawan selama setengah dekade. Salah satunya adalah umpan mautnya saat Juventus melawan Dinamo Kiev di Liga Champions 1998.

Itulah lima pemain jago assist Serie A Liga Italia yang pernah dijuluki 'pass master'. Dari nama-namanya saja, kita sudah tidak heran bila mereka sangat lihai memainkan sepak bola di dalam setiap pertandingan.