Bola Internasional

Kisah Awal Karier Cristiano Ronaldo, Sang Raja Lapangan Asal Portugal

Senin, 25 Mei 2020 15:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© DeFodi Images/GettyImages
Kisah Awal Karir Cristiano Ronaldo, Sang Raja Lapangan Hijau Portugal Copyright: © DeFodi Images/GettyImages
Kisah Awal Karir Cristiano Ronaldo, Sang Raja Lapangan Hijau Portugal

INDOSPORT.COM - Mengintip kisah awal dan perjalan karier Cristiano Ronaldo, sang raja Lapangan hijau asal Portugal yang mampu taklukkan dunia.

Cristiano Ronaldo atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan CR7 ini adalah salah satu pemain sepak bola dunia yang namanya sudah sangat populer.

Bukan hanya itu saja, Ronaldo juga dikenal sebagai pemain bola yang sukses dan tajir. Menurut beberapa media, Ronaldo juga mempunyai kekayaan yang diperkirakan mencapai US$450 juta atau sekitar Rp6,3 triliun.

Kesuksesan dan kekayaan dari seorang Ronaldo tentunya tidak terlepas dari perjuangannya untuk mendapatkan itu semua. Pria kelahiran Madeira, Portugal pada tanggal 5 Februari 1985 ini sudah menyukai olahraga sepak bola sejak masih kecil. 

Tetapi saat itu, menikmati permainan sepak bola di pinggiran jalan adalah hiburan yang bisa dinikmatinya. Hal tersebut karena Ronaldo sendiri terlahir dari keluarga yang bisa dikatakan kekurangan.

Saat Ronaldo menginjak usia yang ke-8 tahun, ia mulai bermain dan bergabung di salah satu klub lokal asal Andorinha, tempat ayahnya bekerja. Ia mulai berlatih sebaik mungkin dalam klub tersebut selama 2 tahun, hingga usianya mencapai 10 tahun.

Tidak lama setelah itu, ternyata salah satu klub terbesar di Madeira yaitu Nacional mulai melirik kemampuan yang dimiliki seorang Ronaldo kecil. 

Ronaldo pun ditarik untuk berlatih dan bermain di klub junior Nacional selama 3 tahun. Kemudian setelah itu, Ronaldo ditarik oleh Sporting Lisbon pada usia yang ke-13. 

Di klub ini Ronaldo memulai karier sebagai pesepak bola yang sesungguhnya. Ia menjalani kontrak sebagai pemain sepak bola profesional dengan nilai 1.500 poundsterling atau sekitar Rp.26 juta.

Kemudian pada saat ia menginjak usia yang ke-17, Ronaldo sudah dipercaya oleh negaranya untuk menjadi pemain timnas guna berlaga di World Cup U-17. Tidak lama setelah itu, Ronaldo mulai masuk ke barisan utama senior Portugal. 

Kehebatannya dalam mengolah bola membuat Ronaldo dilirik oleh klub besar tingkat dunia, seperti Manchester United. Ia kemudian dipinang oleh MU dengan nilai kontrak 12 juta poundsterling atau sekitar Rp.215 miliar pada tahun 2003.

Bersama The Red Devils, kiprahnya semakin bersinar dan membantu tim meraih tiga gelar Liga Inggris, serta masing-masing trofi Liga Champions Eropa dan Piala Dunia Antarklub.

Enam musim di Inggris, akhirnya Ronaldo melakukan langkah besar dengan hengkang ke Liga Spanyol dan memperkuat Real Madrid pada tahun 2009.

Performanya pun tidak kalah jauh saat di Manchester United, bahkan empat gelar Liga Champions dan tiga trofi Piala Dunia Antarklub berhasil ia rengkuh bersama El Real.

Di usianya yang telah memasuki 30 tahun, sinar dan nama besar Ronaldo masih sangat kuat bahkan klub Juventus mau memboyongnya dengan mahar 100 juta euro musim 2018/19.

Baru dua musim di Italia, kapten Timnas Portugal tersebut sukses menunjukkan tajinya dengan mencetak 53 gol dari 75 pertandingan dan membantu Juventus meraih gelar Serie A musim 2018/19 dan Supercoppa Italiana tahun 2018.