Liga Inggris

4 Pemain yang Pernah Dibajak Chelsea dari Klub Inggris Lain

Selasa, 26 Mei 2020 06:33 WIB
Editor: Juni Adi
© BBC
Juan Mata Saat Masih Berseragam Chelsea Copyright: © BBC
Juan Mata Saat Masih Berseragam Chelsea

INDOSPORT.COM - Chelsea merupakan salah satu klub besar di Inggris yang tak dapat diragukan lagi kualitasnya. Bukan hanya karena trofi yang mereka menangkan, namun juga kemampuan klub untuk membajak pemain idaman klub saingan.

Masih segar dalam ingatan, bagaimana Chelsea mengalahkan Tottenham Hotspur di tahun 2016 silam untuk mendatangkan dan striker Michy Batshuayi dari Marseille dengan membayar 33 juta pounds atau setara Rp647 miliar.

Namun ternyata, ini bukan pertama kalinya klub asal London barat ini menggunakan taktik kejam untuk mengalahkan saingan mereka sesama klub di Inggris. Berikut 4 pemain lainnya yang pernah dibajak The Blues seperti dikutip dari Squawka.  

1. Petr Cech (2004)

Arsenal telah mendekati mantan kiper Rennes itu selama dua tahun. Namun, pada akhirnya iaa bergabung dengan Chelsea pada Februari 2004.

The Gunners memiliki kesempatan untuk mengontraknya pada tahun 2002 ketika dia masih bermain di Sparta Prague. Sayangnya, Petr Cech tidak mendapatkan izin kerja dan akhrinya pindah ke Ligue 1 bersama Rennes.

Setelah itu, Arsenal kembali memiliki peluang tetapi the Blues bergerak cepat untuk mengalahkan mereka. Cech bertahan di Chelsea sampai 2015 dan akhrinya berhasil diboyong Arsene Wenger ke Arsenal.

2. John Obi Mikel (2006)  

Gelandang Nigeria ini bahkan telah menandatangani kontrak dengan Manchester United. Ia bahkan tampil di depan umum dengan jersey kandang jelang kepindahan ke Old Trafford.

Secara mengagetkan, Mikel yang saat itu masih berusia 18 tahun tersebut, kemudian dalam beberapa hari kemudian diumumkan sebagai pemain Chelsea.

Hal ini membuat The Blues harus membayar kompensasi ke United, sebagai bagian dari ganti rugi. Mikel kemudian bermain untuk tim hingga tahun 2017 dan membuat 374 penampilan. Kini, ia kembali ke Nigeria dan bermain untuk TJ Teda.

3. Juan Mata (2011)

Juan Mata adalah sosok sempurna yang ingin dimiliki Wenger, dimana ia memiliki tubuh yang kecil, dan memiliki kemampuan teknis yang luar biasa.

Arsenal kemudian membuat tawaran  sebesar 18 juta pounds atau setara Rp352 miliar untuk Matta namun ditolak oleh Valencia.

The Gunners ragu-ragu dan Chelsea kemudian menaikkan tawaran ke angka 23 juta pounds atau Rp 452 miliar. Mata kini telah hengkang ke Old Trafford dan bermain dibawah asuhan Jose Mourinho.

4. Pedro (2015)

Pedro cukup putus asa ketika meninggalkan Barcelona karena tak lagi bersinar dibawah trio Neymar, Luis Suarez dan Lionel Messi. Saat itu, United terus melakukan tawar menawar biaya.

Namun, The Blues mengambil langkah cepat dan berbicara langsung kepada pemain. Kala itu, Pedro menerima telepon langsung dari Jose Mourinho dan Cesc Fabregas,.

Kemudian, istri Fabregas, Daniella Semaan, juga menghubungi Carolina Martin, yang adalah istri Pedro, untuk menceritakan tentang kehidupan di London.

Pada saat wakil direktur United, Ed Woodward telah menyetujui biaya, Pedro sedang dalam penerbangan ke London untuk mengambil medisnya.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
33%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
33%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
33%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%