Liga Inggris

Kisah Liver Bird, Liverpool FC dan Sang ‘Malaikat’ Penjaga Kota

Selasa, 26 Mei 2020 13:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Liver bird sudah jadi ikon Liverpool berikut klub sepak bolanya. Copyright: © PAUL ELLIS/AFP/Getty Images
Liver bird sudah jadi ikon Liverpool berikut klub sepak bolanya.

INDOSPORT.COM - Liver bird atau yang biasa dianggap orang-orang sebagai burung cormorant, sudah jadi simbol kota Liverpool, Inggris, selama ratusan tahun lamanya.

Dua patung liver bird berdiri gagah di puncak gedung Royal Liver Building, yang menjadi salah satu daya tarik kota pelabuhan Merseyside tersebut. Selain itu, liver bird juga terlihat pada badge klub raksasa Liga Inggris, Liverpool Football Club.

Berdasarkan cerita yang beredar di khalayak, kisah liver bird dimulai pada tahun 1207. Saat itu, Raja John, King of England, menerbitkan Royal Charter untuk mendeklarasikan Liverpool sebagai wilayah resmi.

Dilansir dari laman Explore Liverpool, King John kemudian memilih gambar liver bird yang mirip burung cormorant untuk dijadikan lambang dan segel dokumen.

Liverpool FC

Gambar liver bird ini pun bisa kita temukan pada badge Liverpool Football Club. Keberadaannya sudah eksis sejak lama meski klub sepak bola berjuluk The Reds tersebut sudah beberapa kali berganti desain crest.

Sempat menggunakan dua liver bird, Liverpool akhirnya hanya menggunakan satu liver bird pada awal era 1950-an dan mengaplikasikannya pada jersey untuk final Piala FA 1950 yang waktu itu masih berwarna putih.

Pada tahun 1955 ditambahkanlah tiga huruf ‘LFC’, dan setelahnya, Liverpool mulai identik dengan warna merah yang terinspirasi dari sang legenda, Bill Shankly.

Singkat kata, crest terus berganti dari masa ke masa, termasuk menambahkan perisai (shield) dan tulisan You’ll Never Walk Alone. Meski demikian, sang liver bird tetap jadi tampilan yang tak tergantikan hingga saat ini.

Sang ‘Malaikat’ Penjaga Kota

© Photoeverywhere.co.uk
Dua liver bird yang menjaga kota Liverpool. Image by http://photoeverywhere.co.uk/ Copyright: Photoeverywhere.co.ukDua liver bird yang menjaga kota Liverpool. Image by http://photoeverywhere.co.uk/

Liver bird memang sudah menjadi pesona tersendiri di kota Liverpool. Dua liver bird yang tampil mentereng di Royal Liver Building pun memiliki cerita dan filosofinya sendiri.

Konon katanya, dua liver bird ini bernama Bertie dan Bella, yang merupakan pasangan jantan dan betina. Mereka pun punya tugas masing-masing sebagai penjaga Liverpool.

Bertie, liver bird jantan, menghadap ke kota untuk mengamati dan menjaga para penduduk. Sementara itu, Bella menghadap ke laut untuk mengamati para pelayar yang sedang bepergian sekaligus menjaga pelabuhan dari ancaman musuh.

Mitos setempat pun konon menyebut, jika Bertie dan Bella saling berhadapan, kota Liverpool akan musnah. Selain itu, jika rantai yang mengikat mereka putus, mereka akan terbang jauh dan sungai Mersey bakal meluap lalu membanjiri kota.

Tak bisa dipungkiri, Bertie dan Bella memang jadi ikon di pucuk Royal Liver Building, gedung yang dibangun pada tahun 1911 sekaligus yang tertinggi di Eropa saat itu. Meski demikian, masih banyak liver bird yang tersebar di seluruh penjuru kota dengan keunikannya masing-masing.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%