Liga Indonesia

Ini Rencana Tantan Setelah Pensiun Sebagai Pemain Sepak Bola

Kamis, 28 Mei 2020 08:31 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Mantan striker tim Liga 1 Persib Bandung, Tantan, berencana melanjutkan kariernya sebagai pelatih jika sudah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Mantan striker tim Liga 1 Persib Bandung, Tantan, berencana melanjutkan kariernya sebagai pelatih jika sudah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional.

INDOSPORT.COM - Mantan striker tim Liga 1 Persib Bandung, Tantan, berencana melanjutkan kariernya sebagai pelatih jika sudah pensiun sebagai pemain sepak bola profesional. 

Pemain yang musim 2020 memperkuat tim Liga 2 PSKC Cimahi ini menuturkan, sudah mulai belajar ilmu kepelatihan dan mengikuti lisensi pelatih C AFC sebagai modal untuk karir sebagai pelatih. 

Kursus kepelatihan lisensi C AFC ini, diikuti oleh pemain bernomor punggung 82 ini bersama rekannya yang juga mantan pilar Persib, yakni Atep, belum lama ini. 

"Iya sudah ikut lisensi C, kalau ada rezekinya di sepak bola insya Allah akan dimanfaatkan lisensinya. Jadi alah satu persiapan juga," kata Tantan. 

Selain itu, pemain asal Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini sudah mulai mempraktikkan ilmu kepelatihannya dan membagi pengalamannya bermain sepak bola dengan melatih Diklat Persib. Sehingga, diharapkan ilmu yang didapatnya bisa bermanfaat. 

"Kemarin pas sudah lisensi ikut di akademi jadi asisten, jadi sekalian praktik cara melatih," jelas mantan pemain Persitara Jakarta Utara dan Sriwijaya FC ini.

Rencanannya, Tantan akan melanjutkan kursus kepelatihan ke jenjang yang lebih tinggi. Karena, ia memiliki cita-cita suatu saat nanti ingin melatih tim profesional yang berlaga di kompetisi Liga 2 ataupun Liga 1. 

"Ngambil lagi insya Allah ke B, A, A AFC Pro kalau rizkinya disepak bola dilanjut. Kalau pegang tim Liga 1 cita-cita pasti ya, pemain kalau pensiun ingin jadi pelatih. Tapi kalau jalannya sama Allah jadi pelatih, ya jadi pelatih, kalau enggak juga ya gak apa-apa nikmati saja jalani saja," jelasnya. 

Sementara itu, selama menjadi pemain, Tantan berhasil mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014. Gelar tersebut sangat dinantikan oleh Bobotoh, lantaran hampir 19 tahun skuat Maung Bandung puasa juara.