Liga Indonesia

Andai Houtriet Jadi WNI, Ini 3 Gelandang Timnas U-19 yang Terancam

Senin, 1 Juni 2020 11:33 WIB
Editor: Rafif Rahedian
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Gelandnag muda asal Belanda, Jayden Houtriet mengakui ingin membela Timnas Indonesia di masa mendatang. Lalu siapa saja pemain lokal yang bisa terancam?

Ya, nama Jayden Houtriet belakangan ini tengah diperbincangkan oleh para pecinta sepak bola Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari dirinya yang memiliki darah Indonesia.

Itu diketahui melalui sebuah wawancara dengan salah satu pemain keturunan Indonesia di Belanda, Yussa Nugraha, di channel YouTube pribadinya.

Kepada Yussa, Jayden mengungkapkan bahwa ia ingin menjalani trial dan membela Timnas Indonesia dengan satu syarat, yakni tidak mendapatkan panggilan dari Timnas Belanda.

“Kalau tidak ada panggilan Timnas Belanda, saya ingin menjalani trial di Timnas Indonesia,” ucap Jayden kepada Yussa.

Apabila PSSI menanggapi serius pernyataan Jayden tersebut, bukan tidak mungkin jika sang pemain bakal menjadi WNI sebelum Timnas Indonesia U-19 bertarung di Piala Dunia U-20 2021.

Andai Jayden benar-benar dinaturalisasi, maka setidaknya bakal ada 3 gelandang Timnas Indonesia U-19 yang posisinya terancam.

Theo Fillo da Costa Numberi

© Instagram TheofilloNumberi
Pemain Muda Persipura Jayapura, Theofillo Numberi. Copyright: Instagram TheofilloNumberiPemain Muda Persipura Jayapura, Theofillo Numberi bisa saja terancam dari Timnas Indonesia U-19 ketika Jayden Houtriet dinaturalisasi.

Theo Fillo da Costa Numberi telah menjadi salah satu gelandang yang masuk dalam skema Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini.

Pemain muda Persipura Jayapura tersebut beberapa kali dirotasi untuk mengisi posisi utama di lini tengah Timnas Indonesia U-19.

Theo Fillo sendiri terakhir kali dipercaya untuk memainkan peran sebagai starter saat berhadapan dengan Korea Utara U-19 di ajang kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Saat itu dirinya mengisi lini tengah Timnas Indonesia U-19 bersama dengan Beckham Putra dan david Maulana. Saat itu mereka mampu bermain imbang 1-1.

Rendy Juliansyah

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Rendy Juliansyah, Pemain Timnas Indonesia U-19. Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTRendy Juliansyah bisa saja terancam dari Timnas Indonesia U-19 ketika Jayden Houtriet dinaturalisasi.

Pemain kedua yang posisinya bisa terancam atau kesulitan mendapatkan tempat utama di lini tengah Timnas Indonesia U-19 adalah Rendy Juliansyah.

Mengingat, Rendy sama sekali tidak diberikan kesempatan untuk bermain sebagai starter saat bertarung di kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Pelatih Tiimnas Indonesia U-19 saat itu, Fakhri Husaini terakhir kali memainkan Rendy sebagai starter, yakni pada laga uji coba melawan China U-19.

Pada pertandingan yang dimenangkan China U-19 1-3 tersebut, Rendy bermain bersama dengan Braif Atari dan Andre Oktaviansyah di lini tengah.

Jarangnya mendapatkan tempat sebagai starter di Timnas Indonesia U-19, maka akan membuat posisi Rendy terancam jika Jayden resmi dinaturalisasi.

Brylian Aldama

© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Brylian Negietha Dwiki Aldama, alumni Garuda Select yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-19. Copyright: Shintya Anya Maharani/INDOSPORTBrylian Negietha Dwiki Aldama bisa saja terancam dari Timnas Indonesia U-19 ketika Jayden Houtriet dinaturalisasi

Brylian Aldama merupakan salah satu gelandang yang mampu mendapatkan perhatian dari pelatih Timnas Indonesia U-19 saat itu, Fakhri Husaini.

Bagaimana tidak, Aldama dipercaya untuk mengisi posisi starter satu kali saat Timnas Indonesia U-19 berhadapan dengan Hong Kong U-19 di kualifikasi Piala AFC U-19 2020.

Dirinya menemani dua sosok gelandang yang hampir tidak tergantikan di Timnas Indonesia U-19, Beckham Putra dan David Maulana.

Dengan begitu, Aldama bakal sulit mendapatkan tempat utama lagi ketika Jayden Houtriet resmi menjadi WNI dan dipanggil ke Timnas Indonesia U-19.