Liga Champions

4 Pelatih Tersukses dalam Sejarah Liga Champions

Rabu, 3 Juni 2020 14:35 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Yosef Bayu Anangga
© getty images
Termasuk Carlo Ancelotti, berikut sederet pelatih tersukses di Liga Champions. Copyright: © getty images
Termasuk Carlo Ancelotti, berikut sederet pelatih tersukses di Liga Champions.

INDOSPORT.COM - Termasuk Carlo Ancelotti, berikut sederet pelatih tersukses di Liga Champions

Liga Champions UEFA (bahasa Inggris: UEFA Champions League) adalah sebuah kompetisi sepak bola antarklub di benua Eropa yang diselenggarakan setiap tahun oleh Uni Sepak Bola Eropa (Union of European Football Associations, UEFA) dan diikuti oleh klub divisi tertinggi Eropa.

Musim ini Liga Champions terpaksa terhenti akibat pandemi virus corona Covid-19 pada Maret lalu. Saat dihentikan ada beberapa laga babak 16 besar yang belum sepenuhnya rampung.

Rencana awal adalah tetap melanjutkan Liga Champions dengan format biasa yakni menyelesaikan sisa babak 16 besar dan kemudian memainkan babak selanjutnya dengan format kandang-tandang. Namun pelaksanaannya digelar dalam waktu singkat 4 Agustus hingga 29 Agustus 2020.

Sebagai penawar rindu akan pertandingan-pertandingan Liga Champions, ada baiknya jika kita mengingat kembali sederet pelatih yang memiliki kesuksesan besar di ajang paling bergengsi di benua Eropa tersebut.

1. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti tercatat mengoleksi tiga trofi Liga Champions, dua bersama AC Milan, dan satu bersama Real Madrid. 

Ancelotti meraih trofi pertama bersama Milan pada musim 2002-2003. Menghadapi Juventus di Stadion Old Trafford, Rossoneri menang adu penalti, 3-2. Empat musim kemudian, giliran Liverpool yang dikalahkan Ancelotti dan Milan dengan skor 2-1.

Sementara itu, prestasi terakhir Ancelotti tersaji bersama Madrid pada musim 2013/2014. Bertemu Atletico Madrid, Los Blancos menang 4-1.

2. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane dianggap sebagai pelatih fenomenal lantaran berhasil membawa Real Madrid meraih tiga gelar Liga Champions Eropa secara beruntun, di tahun 2016, 2017, dan 2018. Hebatnya lagi, Zidane saat itu baru memulai kariernya sebagai pelatih sepakbola.

3. Jose Mourinho

Tak bisa dimungkiri, Mourinho merupakan salah satu pelatih terbaik dalam satu dekade terakhir ini. Ya, pria asal Portugal itu bisa dibilang cukup sukses dalam kompetisi Eropa.

Meski kerap dianggap gagal saat menukangi Manchester United, The Special One tercatat sukses mengantar FC Porto merebut gelar juara Liga Champions di tahun 2004. 

Mourinho lalu melanjutkan kesuksesannya saat berkarier di Inter Milan. Sang allenatore mampu membawa La Beneamata merebut treble winners (Liga Champions, Serie A, dan Coppa Italia) pada musim 2009/10. 

4. Pep Guardiola

Sejak menjadi pelatih profesional pada 2008, Guardiola selalu mampu membawa klub yang dilatihnya sebelum Manchester City (Barcelona dan Bayern Munchen) setidaknya melangkah ke babak semifinal Liga Champions.

Pep Guardiola bahkan tercatat meraih dua trofi Si Kuping Besar bersama Barcelona. Namun yang paling diingat adalah kala mereka berhasil mengandaskan Manchester United pada 2011 di final.