Liga Spanyol

Bersalah Dalam Kasus Pajak, Diego Costa Dihukum Penjara 6 Bulan

Jumat, 5 Juni 2020 08:51 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa, diputus bersalah atas kasus penggelapan pajak oleh pengadilan, sehingga dijatuhi hukuman penjata 6 bulan. Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa, diputus bersalah atas kasus penggelapan pajak oleh pengadilan, sehingga dijatuhi hukuman penjata 6 bulan.

INDOSPORT.COM – Penyerang Atletico Madrid, Diego Costa, diputus bersalah atas kasus penggelapan pajak oleh pengadilan, sehingga dijatuhi hukuman penjata 6 bulan.

Nama eks bintang Chelsea, Diego Costa, mewarnai pemberitaan beberapa waktu terakhir ini. Namun, hal itu terjadi bukan karena performanya di atas lapangan, melainkan karena ia dituduh melakukan penggelapan pajak.

Dilansir media Spanyol, El Mundo, dalam sidang yang digelar Kamis (04/06/20) di Madrid, Costa mengaku bersalah karena sudah menghindari membayar pajak senilai 1,1 juta euro (Rp17,6 miliar).

Penyerang keturunan Brasil ini dituduh telah merugikan negara Spanyol karena tidak melaporkan bahwa dirinya telah menerima pembayaran lebih dari 5,15 juta euro (Rp82 miliar) usai meninggalkan Atletico ke Chelsea 4 tahun lalu.

Tidak cuma itu, Costa juga dituduh lalai melaporkan hak citranya yang mencapai nilai 1 juta euro (Rp15,9 miliar).

Atas hal itu, pengadilan kemudian memutuskan untuk menjatuhi sang penyerang dengan hukuman penjara selama 6 bulan. Meski demikian, sesuai aturan hukum Spanyol, ia tidak perlu menjalani hukuman kurungan itu karena sudah membayar denda sebesar 36 ribu euro (Rp575 juta).

Menariknya, Costa disebut sempat meminta Atletico untuk membayar denda tersebut, tetapi manajemen klub menolaknya. Meski demikian, Los Rojiblancos bersedia membayar gaji Costa di muka sehingga sang pemain akhirnya bisa membayar denda tersebut.

Sebelumnya, manajemen Atletico Madrid juga sudah menyampaikan pernyataan dari klub terkait kasus yang menimpa sang penyerang. Mereka menyebut akan mematuhi apa pun keputusan pengadilan.

“Diego Costa telah mencapai kesepakatan dengan beberapa bulan lalu dengan jaksa penuntut, dan telah membayar denda ditambah bunga, sehingga permohonan hukuman penjara pun ditarik,” ujar juru bicara klub Spanyol itu.

Costa dan Atletico kini tengah mempersiapkan diri jelang dimulainya kembali LaLiga Spanyol yang terhenti sejak Maret lalu akibat pandemi corona. Los Lojiblancos kini tertahan di peringkat 6 klasemen sementara, meski hanya tertinggal 2 poin dari Sevilla yang berada di peringkat 3.

Dalam jadwal pertandingan LaLiga Spanyol perdana mereka pasca corona, Atletico akan menghadapi Athletic Bilbao pada Minggu, 14 Juni 2020 pukul 18.00 WIB.