Liga Italia

Pundi Uang Tembus 1 Miliar Dolar AS, Ronaldo Kini Setara Tiger Woods

Sabtu, 6 Juni 2020 09:15 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Indra Citra Sena
© Juventus/GettyImages
Cristiano Ronaldo memiliki uang lebih dari 1 miliar dolar AS serta menjadi pesepak bola pertama yang memecahkan rekor baru setara pegolf Tiger Wood. Copyright: © Juventus/GettyImages
Cristiano Ronaldo memiliki uang lebih dari 1 miliar dolar AS serta menjadi pesepak bola pertama yang memecahkan rekor baru setara pegolf Tiger Wood.

INDOSPORT.COM - Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, mengeruk pendapatan lebih dari 1 miliar dolar AS (sekitar Rp14 triliun). Dia adalah pesepak bola pertama yang melakukannya dan kini setara pegolf kenamaan Tiger Woods.

Dilansir Daily Mail, Cristiano Ronaldo menempati peringkat keempat dalam daftar atlet dengan bayaran tertinggi tahun lalu. Klaim tersebut dikeluarkan oleh majalah Forbes baru-baru ini.

Mantan pemain Real Madrid ini mengalahkan rival abadinya, Lionel Messi, yang bertengger di posisi kelima (104 dolar AS) tahun lalu. Meski hanya unggul 1 juta dolar AS, Ronaldo tetap saja sudah memecahkan rekor.

Dalam pendapatan secara keseluruhan sepanjang karier profesional, Messi juga tak bisa mengungguli Cristiano Ronaldo selama ini. Hal ini dikarenakan penghasilan eks kapten timnas Portugal ini mencapai angka lebih dari 1 miliar dolar AS.

Tentunya pendapatan yang diterima Ronaldo, selain berasal dari gaji tinggi sebagai pesepak bola, adalah bayaran dari berbagai sponsorship senilai 45 juta dolar AS, termasuk kontrak seumur hidup bersama Nike sebesar 20 juta dolar AS (sekitar Rp 290 miliar).

Pengoleksi lima gelar Ballon d’Or itu rupanya telah mendapatkan gaji total mencapai 650 juta dolar AS. Angka tersebut diperkirakan bakal melambung tinggi lagi hingga menyentuh 765 dolar AS saat kontraknya bersama Juventus berakhir pada Juni 2022.

Dengan semua perincian di atas, penghasilan Cristiano Ronaldo jika ditotal sudah mencapai angka lebih dari 1 milliar dolar AS selama 17 tahun berkarier di dunia sepak bola.

Sementara itu, di ranah sepak bola, pemain yang berusia 35 tahun itu rupanya menjadi sosok pertama yang sukses mendapatkan gelar miliarder.

Ronaldo menjadi atlet olahraga ketiga yang masih aktif, setelah pegolf asal Amerika Serikat, Tiger Woods, dan petinju Floyd Mayweather. Mereka berdua juga pernah mendapatkan penghasilan yang lebih dari 1 miliar dolar AS selama berkarier di dunia olahraga.

Woods mendapatkan status miliarder tersebut pada 2009, setelah dirinya secara resmi menandatangani kontrak dengan brand Nike, sedangkan Mayweather mendapatkan julukan tersebut pada 2017 yang pemasukan besarnya melalui sistem pay per view.

Sekedar informasi, untuk saat ini kompetisi kasta tertinggi Italia atau Serie A sudah memutuskan untuk menggelar kembali pertandingan yang hampir tiga bulan diberhentikan akibat pandemi virus corona.

Pengelola Serie A Italia memutuskan akan memulai lagi kompetisi domestik pada 20 Juni mendatang. Tentunya hal ini disambut baik oleh Juventus yang menjadi klub dari Cristiano Ronaldo yang rupanya baru memainkan 26 pertandingan dalam 38 laga.

Juventus saat ini menduduki puncak klasemen sementara Serie A Italia 2019-2020 dengan perolehan 63 poin, disusul Lazio yang hanya berselisih satu poin di bawah mereka (62).