Liga Indonesia

On This Day: PSMS Permalukan Ajax di Stadion Teladan

Minggu, 7 Juni 2020 15:39 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis: Indosport.com
Hari ini 45 tahun silam atau tepatnya 7 Juni 1975, klub legendaris Perserikatan, PSMS Medan, menjamu tim kuat Eropa asal Belanda, Ajax Amsterdam. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Hari ini 45 tahun silam atau tepatnya 7 Juni 1975, klub legendaris Perserikatan, PSMS Medan, menjamu tim kuat Eropa asal Belanda, Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM - Hari ini 45 tahun silam atau tepatnya 7 Juni 1975, klub legendaris Perserikatan, PSMS Medan, menjamu tim kuat Eropa asal Belanda, Ajax Amsterdam, di markas kebanggaan mereka, Stadion Teladan, Medan.

Kehadiran tim berjuluk de Godenzonen itu ke Medan dalam lawatan tur pra-musim mereka di Indonesia. Sebelum tampil di Medan, juara Liga Champions empat kali ini melakoni turnamen segitiga bersama Manchester United dan Timnas Indonesia Tantama di Jakarta.

Dalam turnamen itu, Ajax menjadi juara setelah mengalahkan The Red Devils 3-2 dan mengalahkan Timnas Indonesia 4-1. Sementara di laga lainnya Timnas bermain imbang 0-0 atas Manchester United.

Setelah melakoni turnamen tersebut, Ajax langsung bertolak ke Medan melawan PSMS. Namun kala itu memakai nama PSSI Wilayah I, yang mana mayoritas bermaterikan 90 persen pemain PSMS.

Ajax datang membawa skuad utamanya termasuk bintang-bintang yang membawa Ajax juara Liga Champions 3 kali berturut turut 1971 - 1973 (kala itu masih bernama Champions Europa Cup).

Antara lain seperti kiper Heinz Stuy, Barry Hullshoff, Gerie Muhren, Arie Haan, Ruud Krol, Jhony Rep, Wim Suurbier, Ruud Gels, Horst Blankenburg dan Jan Mulder. Skuad Ajax ke Indonesia ini dilatih Hans Kraaij.

PSSI Wilayah I sendiri waktu itu diperkuat bintang-bintang PSMS seperti Pariman (kiper), Yuswardi, Zulkarnaen Pasaribu, Nobon, Mariadi, Suwarno, Sarman Panggabean, Ismail Ruslan, Parlin Siagian ditambah kiper muda asal PSKTS Tebing Tinggi, Taufik Lubis, serta 2 pemain PSS Simalungun, Sunardi B dan Kampon.

Ajax unggul terlebih dahulu lewat gol Ruud Kroll pada menit ke-15 dan Jhony Rep pada menit ke-26. Ajax sendiri kaget dengan perlawanan ketat dari PSSI Wilayah I yang bermain agresif bahkan bisa membalas serangan.

Ketinggalan 2 gol membuat pelatih Zulkarnain Nasution yang melatih PSSI Wilayah I mengganti kiper Parimam dengan Taufik Lubis dan hasilnya mencetak gol lewat tendangan pisang dari Parlin Siagian menit ke-36. Skor 1-2 untuk Ajax bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua Sunardi B masuk dan membuat serangan PSSI Wilayah I makin hidup hingga akhirnya mampu menekan Ajax. Lalu di menit ke-77 Sarman Panggabean mencetak gol untuk menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Tak berselang lama, PSSI Wilayah I akhirnya unggul 3-2 setelah tendangan keras Zulkarnaen Pasaribu di menit ke-81 sukses membobol gawang Stuy. Lalu gol penutup atau keempat tuan rumah lahir di menit ke-86 setelah tendangan Parlin Siagian mengenai Hulshoff dan masuk ke gawang Ajax hingga akhirnya PSSI Wilayah I menang 4-2.

"Laga ini sangat berkesan bagi masyarakat Medan kala itu karena tim sebesar Ajax berhasil ditaklukkan. Bahkan antusiasme penontonnya sangat padat kala itu," kata pemerhati PSMS, Indra Efendi Rangkuti, kepada INDOSPORT.