Liga Indonesia

Pemain PSMS Medan Jalani Rapid Test Virus Corona

Senin, 8 Juni 2020 11:52 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Kapten klub Liga 2 PSMS Medan, Legimin Raharjo menjalani rapid test virus corona. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Kapten klub Liga 2 PSMS Medan, Legimin Raharjo menjalani rapid test virus corona.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2 2020, PSMS Medan, menjalani rapid test virus corona. Tes ini dilaksanakan di Sekertariat PSMS, Komplek Stadion Kebun Bunga, Medan, Senin (8/6/20) pagi.

Dari amatan awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, para pemain tim berjuluk Ayam Kinantan ini silih berganti menjalani tes. Tak hanya pemain, pelatih serta ofisial tim menjalani tes ini.

Dokter dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara selaku penanggung jawab, dr. David, mengatakan bahwa tahapan untuk menjalani tes ini dimulai dengan pakai handsanitizer, cek suhu badan, wawancara terkait genjala serta identitas.

"Setelah itu langsung mereka menjalani rapid test. Tak hanya pemain, pelatih serta ofisial tim juga menjalani rapid test ini," kata dr. David.

"Yang diambil darahnya untuk sampel rapid test ini. Hanya 15 menit hasil keluar, apakah yang di tes dinyatakan reaktif atau tidak. Pengumuman hasil tes ini manajemen PSMS yang akan menyampaikannya. Namun rapid test tidak menyatakan positif atau tidak virus corona," lanjutnya.

© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pemain PSMS Medan, Legimin Raharjo, menjalani rapid test. Copyright: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORTPemain, pelatih dan ofisial tim klub Liga 2 PSMS Medan, menjalani rapid test virus corona.

Lebih lanjut dr. David mengatakan bahwa jika nantinya ada pemain, pelatih atau ofisial tim yang dinyatakan reaktif dalam rapid test ini, diharapkan di isolasi secara mandiri.

"Kalau ada yang dinyatakan reaktif, diharapkan isolasi mandiri. Sebab langkah selanjutnya di swab test (laboratorium), baru dinyatakan positif atau tidak virus corona," pungkasnya.

PSMS menjalani rapid test ini sebagai persiapan mereka untuk kembali menjalani latihan tim yang sudah diliburkan lebih dari dua bulan lalu karena kompetisi yang dihentikan sementara akibat pandemi virus corona yang melanda Indonesia.

Sementara itu, wacana latihan sendiri masih ditujukan kepada para pemain PSMS yang berdomisili di Medan dan sekitarnya. Selain pemain, pelatih fisik Ardi Nusri, pelatih kiper M. Halim, manajer PSMS, Mulyadi Simatupang, serta ofisial tim lainnya menjalani tes ini.