Liga Indonesia

Apa Kabar Rudy Keltjes? Pemoles Bakat Cemerlang Yanto Basna

Selasa, 9 Juni 2020 19:47 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rudy Ketljes saat memberikan instruksi latihan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rudy Ketljes saat memberikan instruksi latihan.

INDOSPORT.COM - Mendengar nama Rudy William Keltjes mungkin bagi sebagian orang begitu asing akan nama ini. Namun siapa sangka, Rudy Keltjes adalah salah satu mantan pesepakbola nasional.

Tak hanya sebagai pemain, Rudy Keltjes juga aktif sebagai pelatih. Berbagai tim besar seperti Persebaya Surabaya dan  Persipura Jayapura pernah ia besut.

Bahkan ia juga sempat menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19 B. Namun lama tak terdengar, Rudy Keltjes ternyata kini fokus menjadi pelatih tim PON Jatim.

"Kabar saya baik-baik saja. Saat ini saya fokus di tim PON Jatim, sudah dua tahun saya bersama tim ini," ucap Rudy Keltjes kepada INDOSPORT.

Rudy memang memiliki alasan mengapa ia saat ini fokus melatih pemain-pemain muda di PON. Sebab baginya ia memang konsen dalam membentuk pemain muda.

"Saya memang senang melatih pemain-pemain muda. Saya suka menjadikan pemain. Mereka gampang kita arahkan dan ada kebanggaan buat kita juga kalau mereka nantinya berhasil," tegasnya.

Rudy Keltjes memang dikenal pemain yang memoles pemain muda. Sebut saja saat ia membesut Timnas Indonesia U-19 B. Saat menjadi pelatih Timnas Indonesia U-19 B, pria campuran Belanda-Indonesia ini pun berhasil menelurkan beberapa pemain yahud.

Sebut saja Yanto Basna yang berhasil ia poles menjadi pemain besar saat ini. Ya, saat itu Rudy memang melihat potensi besar dalam diri Yanto Basna.

"Yanto itu mulai putus asa, dia sempat gak dipakai karena ada sakit di kakinya. Tapi saya kasih semangat dan masukan anak itu. Dia anak baik dan nurut sebetulnya saya tahu sifat dia jadi akhirnya munculah dia sampai saat ini," bebernya.

Rudy memang sudah tidak aktif lagi di jajaran pelatih Timnas Indonesia. Namun meski begitu, bukan berarti dia tidak memberikan masukan untuk kebangkitan sepak bola Indonesia.

"Timnas ini jangat terburu-buru mengambil keputusan, nanti berubah lagi. Temukan formula yang baik karena nanti sayang di depannya," tukas Rudy Keltjes.