Liga Indonesia

Liga 2 Bergulir Lagi, Kapten Sriwijaya FC Keberatan Sistem Tanpa Degradasi

Minggu, 14 Juni 2020 15:35 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Kapten Sriwijaya FC, Ambrizal, beraksi di Liga 2 2019. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Kapten Sriwijaya FC, Ambrizal, beraksi di Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM - Liga 2 2020 mulai bergulir kembali pada Oktober nanti. Kompetisi bakal menggunakan sistem home tournament karena pandemi virus corona (Covid-19) belum sepenuhnya reda.

Pelatih dan pemain tentunya sangat senang mengetahui keputusan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Mereka siap mengikuti protokol kesehatan selama pertandingan maupun latihan.

Kapten Sriwijaya FC, Ambrizal, menganggap keputusan PSSI menggulirkan liga sudah sangat tepat. Sebelumnya, beberapa rapat sudah digelar oleh pihak terkait sehingga inilah solusi terbaik.

"Kalau saya sebagai pemain sangat bersyukur, alhamdulillah, jika liga memang berjalan nantinya, apalagi dengan format baru ini. Kami ikuti saja yang penting sekarang tim sendiri mau bagaimana formatnya," ujar Ambrizal, Kamis (11/6/20).

Tapi, tanpa degradasi kompetisi bakal kurang panas. Tim merasa aman meski berada di dasar klasemen, toh tidak akan ada tim yang turun ke kasta ketiga (Liga 3).

Berbeda jika ada degradasi, tim akan tampil habis-habisan untuk tidak berada di posisi tiga terbawah. Persaingan ketat setiap pertandingan dan fair play pun bakal lebih terasa.

"Persaingan pasti tentu lebih ketat dengan format sekarang kita setiap pertandingan harus kerja keras untuk meraih tiga poin dan harus menang, tapi kalau tanpa degradasi agak kurang," cetus Ambrizal.

Di sisi lain, gelandang Firman Septian juga mengatakan tidak keberatan dengan format baru. Justru dengan adanya home turnamen keselamatan para pesepak bola bisa terjamin.

“Saya setuju karena menurut saya lebih bagus juga untuk menjaga-jaga supaya tidak terlalu banyak pergi ke daerah lain, jadi dibikin home tournament,” tukasnya.