Liga Inggris

Ketatnya Peraturan Liga Inggris Jelang Laga Man City vs Arsenal

Rabu, 17 Juni 2020 15:46 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Laurence Griffiths/Getty Images
Jelang Manchester City vs Arsenal, Liga Inggris menyampaikan protokol-protokol yang harus dipatuhi setiap orang saat menggelar laga di tengah pandemi. Copyright: © Laurence Griffiths/Getty Images
Jelang Manchester City vs Arsenal, Liga Inggris menyampaikan protokol-protokol yang harus dipatuhi setiap orang saat menggelar laga di tengah pandemi.

INDOSPORT.COM – Jadwal Liga Inggris akan kembali berlanjut dengan laga perdana mempertemukan antara Manhester City vs Arsenal, Kamis (18/06/20) dini hari WIB.

Perlu dicatat! Liga Inggris sudah menetapkan peraturan ketat demi memutus rantai penyebaran virus corona yang tengah mewabah.

Kompetisi Liga Inggris akan menyusul Bundesliga Jerman dan LaLiga Spanyol untuk melanjutkan musim yang tertunda, meskipun pertandingan digelar di tengah pandemi virus corona yang kian mengancam.

Pihak penyelenggara pun memastikan bahwa semua laga tersisa nantinya akan digelar secara tertutup, alias tanpa satu pun penonton. Namun, ini bukanlah satu-satunya syarat bagi diperbolehkannya pertandingan sepak bola dimainkan kembali.

Dengan pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19) yang masih mengancam, gelaran Liga Inggris tetap harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah di negara itu.

Oleh karena itu, pihak penyelenggara Liga Inggris telah menerbitkan sejumlah aturan ketat yang tidak boleh dilakukan baik sebelum, saat, dan setelah pertandingan.

INDOSPORT merangkumnya dalam tiga poin yang tertuang dalam dokumen Premier League Season 2019-2020 Restart Guide berikut ini:

1. Sebelum Pertandingan

Stadion tempat laga diselenggarakan hanya boleh dimasuki orang-orang yang sudah mendapatkan izin, maksimal 300 orang. Selain itu stadion dibagi menjadi tiga zona, merah, oranye, dan hijau dengan menerapkan protokol yang berbeda.

© Mirror
ketatnya peraturan Manchester City vs Arsenal Copyright: Mirror
Ketatnya peraturan Manchester City vs Arsenal

Zona merah khusus diperuntukkan orang-orang yang sudah menjalani tes corona lima hari sebelum pertandingan. Zona ini terdiri dari lapangan pertandingan, area teknis, terowongan, ruang ganti dengan maksimal 110 orang.

Orang-orang yang memasuki zona merah ini harus memiliki ‘paspor kesehatan’, berupa barcode di ponsel yang dipindai sebelum kick off.

Zona oranye mencakup area di stadioun, berupa kursi penonton, area wawancara di tepi lapangan, sedangkan zona hijau adalah area di luar stadion yang mencakup ruang kontrol, parkir kendaraan, dan perlengkapan siaran.

Kedua zona ini harus dipantau ketat, khususnya di area keluar/masuk, mereka yang berada di situ wajib mengisi kuesioner dan diperiksa suhu badannya.

Sebelum menuju stadion, para pemain, dan staf menjalani tes corona. Tim juga harus memastikan kendaraan yang ditumpangi sudah streril.

Di dalam kendaraan, seorang orang wajib menerapkan pembatasan sosial, kecuali jika mengemudi sendirian. Begitu pun dengan hotel tempat menginap harus mematuhi protokol kesehatan corona.

Tiba di stadion, semua pemain dan staf juga harus tetap menerapkan protokol kesehatan. Begitupun ketika memasuki terowongan menuju lapangan, dua tim masuk dari dua jalur berbeda.

Sat pemanasan dipastikan pemain tidak berkerumun dan berjabat tangan. Selain itu, tersedia hand sanitizer dan tempat cuci tangan di setiap sisi stadion. Masker harus dipakai orang-orang selain pemain dan staf kepelatihan.