Liga Indonesia

Subsidi 2 Klub Liga 1 2020 Dekati Harga Pasar Ezechiel N'Douassel

Sabtu, 20 Juni 2020 17:55 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Indra Citra Sena
© Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Diketahui bahwa nominal subsidi dua klub Liga 1 2020, yakni Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura, mendekati harga pasaran Ezechiel N'Douassel. Copyright: © Amanda Dwi Ayustri/INDOSPORT
Diketahui bahwa nominal subsidi dua klub Liga 1 2020, yakni Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura, mendekati harga pasaran Ezechiel N'Douassel.

INDOSPORT.COM - Diketahui Diketahui bahwa nominal subsidi dua klub Liga 1 2020, yakni Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura, mendekati harga pasaran Ezechiel N'Douassel.

Menjelang bergulir kembalinya Liga 1 2020, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) sempat mengutarakan soal subsidi untuk klub.

Hal tersebut sempat disampaikan oleh eks Direktur Utama PT LIB Cucu Somantri kepada awak media, di mana setiap klub mengalami kenaikan npminal.

Edisi kali ini tiap klub mendapat tambahan Rp200 juta dari total anggaran Rp5 miliar yang digelontorkan PT LIB untuk operasional klub (total Rp5,2 miliar).

Kendati begitu ada hal spesial yang dirasakan oleh dua klub paling barat dan timur Indonesia, yakni Persiraja Banda Aceh dan Persipura Jayapura.

"Bagi dua klub yang cukup jauh ada tambahan lagi yang PT LIB berikan. Tambahan Rp500 juta, jadi jumlah totalnya Rp5,7 miliar," ujar Cucu Somantri, Februari 2020.

Kondisi ini disesuaikan karena pihak PT LIB juga mesti melunasi hutang-hutang musim lalu ke klub yang masih terbawa hingga edisi sekarang.

Padahal, Ketum PSSI, Mochammad Iriawan, sempat berjanji bakal mengupayakan klub peserta Liga 1 menerima subsidi sebanyak Rp15 miliar.

Akan tetapi, edisi 2020 memang belum bisa terealisasikan. Namun tak tertutup kemungkinan di musim mendatang, janji pria yang biasa disapa Iwan Bule itu terwujud.

Kendati begitu, ada hal menarik yang bisa dicermati bersama oleh para penggemar sepak bola nasional akan subsidi yang didapat oleh dua klub terjauh Indonesia itu.

Sebab, Persiraja dan Persipura mendapat subsidi hingga Rp5,7 miliar. Jumlah tersebut ternyata dekati nilai transfer dari striker asing Bhayangkara FC, Ezechiel N'Douassel.