In-depth

Syarif Bastaman dan Kronologi Ancaman Satgas Timnas kepada Shin Tae-yong

Sabtu, 20 Juni 2020 16:12 WIB
Editor: Coro Mountana
© JPNN
Syarif Bastaman dan Kronologi Ancaman Satgas Timnas ke Shin Tae-yong Copyright: © JPNN
Syarif Bastaman dan Kronologi Ancaman Satgas Timnas ke Shin Tae-yong

INDOSPORT.COM – Dalam beberapa hari ini, nama Syarif Bastaman, dan ancamannya sebagai ketua Satgas Timnas Indonesia kepada Shin Tae-yong mendadak menjadi heboh.

Kronologi perseteruan yang terjadi antara PSSI dengan Shin Tae-yong bermula pada 17 Juni lalu saat pelatih asal Korea Selatan itu curhat mengenai keluhannya di media negaranya. Ditemui di sebuah kafe di Nonhyeon-dong, Gangnam-gu, Seoul, Shin Tae-yong menceritakan semua keluh kesahnya.

“PSSI sering mengubah kebjiakan dan kepengurusannya. Sekretaris Jenderal, Ratu Tisha yang punya kemampuan dan sangat digemari masyarakat saja tiba-tiba diberhentikan pada April lalu,” kata Shin Tae-yong kepada media Korea Selatan bernama JoongAng Ilbo.

Dalam wawancara ekslusif itu juga diketahui kalau Shin Tae-yong yang rela menolak tawaran klub Liga China demi Timnas Indonesia, mengaku kecewa. Baginya untuk membangun sepak bola Indonesia harus secara bertahap, tidak dengan cara instan seperti meminta juara Piala AFF.

Tak hanya itu, Shin Tae-yong juga bercerita tentang keinginannya yang membawa Timnas Indonesia U-19 latihan di Korea Selatan dengan alasan kesehatan. Akan tetapi PSSI menolak wacana Shin Tae-yong yang ingin pemusatan latihan tetap di Indonesia, ini adalah salah satu perselisihan yang terjadi.

Meski wawancara itu dilakukan pada tanggal 17 Juni, tapi hasil curahan hati Shin Tae-yong dalam melatih Timnas Indonesia itu baru dipublikasikan keesokan harinya. Menariknya, pada hari yang sama pada tanggal 18 Juni, PSSI baru saja membentuk Tim Satgas Timnas Indonesia.

Tugas dari Satgas itu sendiri adalah untuk menangani persiapan jelang Piala Dunia U-20 2021 mendatang. Tak lama setelah itu, PSSI pun akhirnya mengetahui jika media Korea Selatan mempublikasikan keluhan Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

" Kita sudah tanyakan kepada Shin Tae-yong terkait statement tersebut. Kita kan juga tidak tahu perihal media Korea Selatan tersebut, jadi kita tunggu konfirmasi langsung dari Shin Tae-yong dan kita tidak akan bicara selama belum dapat omongan langsung dari dia," begitu respons Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi di kantor PSSI pada 19 Juni lalu.

Meski PSSI mengambil langkah untuk diam dan menunggu, akan tetapi di Korea Selatan, sebagian besar netizen sudah mulai meributkan perseteruan PSSI dengan Shin Tae-yong. Mereka rata-rata meminta agar Shin Tae-yong sebaiknya kembali ke Korea saja.

Situasi semakin memanas ketika ketua Satgas Timnas Indonesia ikut mengomentari curahan hati Shin Tae-yong di media Korea Selatan. Bahkan tak segan-segan, ketua Satgas yang dijabat oleh Syarif Bastaman itu sampai mengancam Shin Tae-yong.

“Kalau tak datang harus kami evaluasi, mungkin dipecat. Sejago siapapun dia, kalau tidak datang, tak melatih saja. Kami minta minggu depan, kami lihat minggu depan datang atau tidak dia,” ujar Syarif Bastaman.

© PSSI Pers
Syarif Bastaman (kanan) dalam konferensi pers PSSI Copyright: PSSI PersSyarif Bastaman (kanan) dalam konferensi pers PSSI

Tak segan-segan Syarif Bastaman mengultimatum Shin Tae-yong untuk segera pulang ke Indonesia dan segera melakukan latihan demi persiapan Timnas di Piala Asia U-19. Langkah yang diambil ketua Satgas Timnas pun menggegerkan sepak bola Indonesia, lantas siapa sebenarnya Syarif Bastaman?