Liga Indonesia

Perjuangan Karier Irfan Bachdim: Hanya 1 Pertandingan di Eredivisie

Minggu, 21 Juni 2020 13:19 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© ibachdim
Siapa yang menyangka, karier Irfan Bachdim di sepak bola rupanya memiliki perjalanan panjang sebelum mencapai kesuksesannya seperti sekarang. Copyright: © ibachdim
Siapa yang menyangka, karier Irfan Bachdim di sepak bola rupanya memiliki perjalanan panjang sebelum mencapai kesuksesannya seperti sekarang.

INDOSPORT.COM - Siapa yang menyangka, karier Irfan Bachdim di sepak bola rupanya memiliki perjalanan panjang sebelum mencapai kesuksesannya seperti sekarang.

Pemain berusia 31 tahun ini mengawali karier di Eradivisie Belanda bersama FC Utrecth. Namun sayang, ayah dua anak ini hanya bermain satu kali untuk tim selama kariernya di FC Utrecth sebelum dipindahkan ke Liga 2.

Hal itu diceritakan Irfan lewat obrolan santai bersama Hanif Sjahbandi dan Rendy Juliansyah lewat Youtube Channel Hanif dan Rendy Show.

“Saya mulai di Belanda saat usia 18 tahun, tim pertama saya FC Utrecth, main di eradivisie satu pertandingan,” cerita Irfan Bachdim.

Tak hanya itu, rupanya pelatih barunya tak suka dengan Irfan sehingga tidak lagi memakai jasa pemain kelahiran Belanda ini.

“Habis musim, pelatih diganti dan ada pelatih baru suka sama saya dan saya turun ke Liga 2. Disana saya main disetiap pertandingan, klubnya namanya Bencraft," ujarnya lebih lanjut.

“Saya di akademi FC Utrecth lalu saya ke tim utama setahun, baru ke Liga 2 itu selama 16 bulan. Lalu saya pindah ke klub amatir di Belanda yang lumayan bagus, main di sana beberapa bulan lalu saya ke Indonesia,” pungkasnya.

Irfan memang memulai kariernya di Belanda setelah bergabung dengan akademi FC Utrecht. Ia memulai kariernya di Indonesia bersama Persema Malang sebelum akhirnya hijrah ke Liga Thailand, Liga Jepang, dan kembali ke Indonesia bergabung bersama Bali United.