In-depth

Persija, Bukti Nyata Jakarta Tak Bisa Diremehkan soal Sepak Bola

Senin, 22 Juni 2020 16:21 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Sejarah Jakarta juga tak bisa dilepaskan dari eksistensi klub sepak bola Persija Jakarta. Copyright: © Grafis: Yuhariyanto/indosport.com
Sejarah Jakarta juga tak bisa dilepaskan dari eksistensi klub sepak bola Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Sejarah Jakarta juga tak bisa dilepaskan dari eksistensi klub sepak bola Persija Jakarta. Keduanya telah menyatu dalam mengarungi masa-masa sulit dan bahagia. 

Tepat hari ini, 22 Juni 2020, Kota Jakarta merayakan haru jadinya yang ke-493. Tentu ini usia yang cukup lama untuk suatu kota. 

Hari jadi kota Jakarta diawali ketika Kerajaan Demak merebut kawasan Sunda Kelapa yang kala itu diduduki Portugis. Peristiwa itu terjadi pada 22 Juni 1527.

Setelah perebutan ini, wilayah Jakarta terus berevolusi melintasi zaman, termasuk ketika jatuh ke tangan kolonial dan menjadi Batavia. 

Sejarah panjang Jakarta ternyata tak luput dari sepak bola. Sebagai salah satu alat perjuangan melawan penjajahan di masa silam, sepak bola juga begitu kental di Jakarta. 

Pada tahun 1928, di Batavia berdiri sebuah klub sepak bola dalam negeri bernama Voetbalbond Indonesische Jacatra (VIJ). Klub ini menjadi salah satu pemrakasa berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia pada 1930. 

VIJ pun terus berkembang hingga akhirnya dikenal sebagai Persatuan Sepak bola Indonesia Jakarta (Persija). Dalam perjalanannya, Persija Jakarta sukses mengangkat pamor Kota Jakarta di percaturan sepak bola nasional.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%