Liga Inggris

Punya Saham di Liverpool, Ini Luapan Kebahagiaan LeBron James

Jumat, 26 Juni 2020 13:42 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
LeBron James dan Liverpool. Copyright: © INDOSPORT
LeBron James dan Liverpool.

INDOSPORT.COM – Pebasket ternama di NBA, LeBron James, tak mampu menahan luapan kebahagiaan setelah klub sepak bola Liverpool menyabet gelar juara Liga Inggris.

Liverpool memastikan diri sebagai juara Liga Inggris pada Jumat (26/06/20) tanpa memeras keringat. Kekalahan 1-2 rival terdekat, Manchester City, dari Chelsea sudah cukup untuk menuntaskan dahaga gelar liga The Reds setelah berpuasa selama 30 tahun lamanya.

LeBron James muncul di akun pribadinya Twitter, Jumat (26/06/20) dengan cuitan yang menyatakan dia sangat senang ketika Livepool memastikan gelar juara Liga Inggris musim 2019-2020.

“Liverpool juara Liga Inggris!!!!! Ayo!!!!,” tulis LeBron dengan berbagai menyertakan emoji yang menggambarkan perasaan bahagianya saat itu.

Bintang Los Angeles Lakers itu patut jadi salah satu orang yang turut senang ketika pasukan Jurgen Klopp jadi juara. Pasalnya, namanya tercatat sebagai pemilik sebagian kecil saham The Reds.

Diketahui, LeBron memiliki saham Liverpool setelah pada Oktober 2010, pemilik Boston Red Sox John Henry dan Chairman Tom Werner membeli klub seharga 477 juta dolar atau 6,8 triliun rupiah.

Henry dan Werner sendiri memiliki Fenwey Sports Management, perusahaan pemasaran olahraga yang berpatungan dengan LeBron pada April 2010.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, LeBron menerima dua persen saham di Liverpool. Saat itu, LeBron mengantongi sajam 6,5 juta dolar atau Rp92 miliar.

Sejak James memiliki saham itu, nilai tim mulai melejit dalam beberapa tahun terakhir hingga mencapai 2,183 miiar dolar Rp31 triliun, menurut Forbes. Hal ini diperoleh setelah klub berhasil menjuarai Liga Champions 2018-20129, finish kedua di Liga Inggris di musim yang sama. 

Peningkatan nilai klub membuat investasi LeBron meroket hingga tujuh kali lipat menjadi 43 juta dolar atau Rp92 miliar dalam sembilan tahun.

Dalam kariernya di NBA selama 7 tahun, LeBron telah masuk di NBA All Star untuk memenangkan tiga gelar NBA, dan mendapatkan penghargaan, termasuk 15 kali All-NBA, tim All-Defensive enam kali, dan MVP empat kali.