Liga Indonesia

Tanggungan Berlanjut, Arema FC Berharap Hak Komersil PT LIB Cair Lagi

Selasa, 30 Juni 2020 07:06 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© Ian Setiawan/INDOSPORT
General Manager Arema FC, Ruddy Widodo. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
General Manager Arema FC, Ruddy Widodo.

INDOSPORT.COM - General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, berharap hak komersil dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) cair setelah pihaknya harus melanjutkan tanggungan terhadap anggota tim selama dua bulan ke depan.

Harapan itu muncul semata-mata untuk menghindarkan klub dari kerugian yang semakin besar mengingat dalam situasi pandemi virus corona, klub sama sekali tidak ada pemasukan dari sisi pertandingan maupun sponsor.

"Dengan situasi seperti ini, pencairan hak komersil pasti terasa amat sangat membantu kami," Ruddy Widodo kepada awak media di Malang, Senin (29/6/20).

Arema FC sendiri wajib kembali mematok anggaran ekstra untuk Juli dan Agustus sesuai SK PSSI per 27 Juni. Jumlah yang sama dengan tanggungan klub selama masa tanggap darurat covid-19, sejak Maret hingga Juni.

"Kurang lebih diperlukan sekitar Rp575 juta untuk 25 persen gaji per bulan. Ya tinggal dikalikan dua saja nanti," ungkap Ruddy Widodo.

"Dengan cairnya hak komersil, setidaknya beban klub bisa sedikit berkurang mengingat klub tidak ada pemasukan sama sekali akibat pandemi virus corona," sambung dia.

Sebelumnya, Arema FC dan klub Liga 1 lainnya sudah mendapatkan hak komersil dua kali dari 10 termin kompetisi. Jumlahnya yaitu Rp520 juta pada Maret dan April sebagai bagian dari total hak komersil mencapai Rp5,2 miliar.