Liga Spanyol

5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak di LaLiga Spanyol

Jumat, 3 Juli 2020 21:20 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Gonzalo Arroyo Moreno/Stringer
Berikut lima kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di LaLiga Spanyol. Copyright: © Gonzalo Arroyo Moreno/Stringer
Berikut lima kiper dengan catatan clean sheet terbanyak di LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM - Beberapa pekan lalu, kiper Atetico Madrid, Jan Oblak, telah mendapatkan rekor baru sebagai penjaga gawang tercepat dalam mencapai 100 clean sheet di LaLiga Spanyol.

Penjaga gawang adalah salah satu posisi yang vital dalam permainan sepak bola. Maka dari itu, penting bagi seorang kiper untuk menampilkan performa terbaiknya untuk menjaga wilayah pertahanan terakhir dalam suatu tim.

Di LaLiga Spanyol sendiri, banyak penjaga gawang yang memiliki penampilan yang luar biasa. Banyak legenda penjaga gawang yang memiliki catatan apik dalam suatu pertandingan. Salah satu yang masih hangat adalah Jan Oblak.

Jan Oblak adalah kiper Atletico Madrid yang bermain luar biasa saat melawan Osasuna dalam lanjutan kompetisi LaLiga Spanyol musim 2019-2020. Los Rojiblancos sendiri berhasil menang dengan skor telak, lima gol tanpa balas.

Kendati demikian, selain Jan Oblak masih banyak kiper terdahulu yang juga mencatatkan rekor luar biasa selama bermain di LaLiga Spanyol. Senior-senior kiper Atletico Madrid ini rupanya lebih dulu mencatatkan rekor seperti dirinya.

Berikut 5 kiper dengan clean sheet terbanyak dalam sejarah LaLiga Spanyol:

1. Andoni Zubizarreta (235 clean sheet)

Andoni Zubizarreta sendiri menduduki posisi pertama kiper legendaris Athletic Bilbao dan Barcelona. Ia mencatatkan 235 clean sheet dari 622 penampilannya dengan 37,8 persen presentasenya.

Dalam catatannya, Zubi sendiri bermain di tiga klub selama bermain di LaLiga Spanyol, seperti Barcelona, Bilbao, dan Valencia. Selama debutnya, ia selalu menjadi pilihan pertama untuk mengisi posisi penjaga gawang.

Kiper yang memutuskan pensiun pada tahun 1998 ini sudah mendapatkan banyak gelar, seperti dua gelar LaLiga bersama Bilbao, 11 gelar bersama Barcelona termasuk trofi Liga Champions dan Zamora Trophy pada musim 1986-1987.

2. Paco Buyo (213 clean sheet)

Di posisi kedua dihuni oleh Paco Buyo, mantan penjaga gawang dua klub, Real Madrid dan Sevilla. Selama kariernya di LaLiga Spanyol, dirinya berhasil mencatatkan 213 clean sheet dari 542 penampilannya.

Selama kariernya di Sevilla, Buyo sendiri pernah meraih gelar juara LaLiga Spanyol. Namun, bersama Real Madrid, ia berhasil mendapatkan 12 gelar dan 3 trofi Zamora Trophy.