Liga Spanyol

3 Alumni Terbaru La Masia yang Siap Bawa Barcelona Terbang Tinggi

Sabtu, 4 Juli 2020 16:33 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Ronald Araujo (kanan) saat hendak memeluk Lionel Messi dan Sergi Roberto Copyright: © Tim Clayton/Corbis via Getty Images
Ronald Araujo (kanan) saat hendak memeluk Lionel Messi dan Sergi Roberto

INDOSPORT.COM – Berikut ini 3 alumni baru akademi La Masia yang siap melesat bersama Barcelona, termasuk bek tengah muda, Ronald Araujo.

Salah satu keunggulan Barcelona dibandingkan klub papan atas Eropa lainnya adalah kehadiran akademi La Masia. Akademi itu pernah menelurkan sejumlah pemain yang menjadi bintang besar, baik bersama Blaugrana maupun tim lainnya.

Lionel Messi, Sergio Busquets, dan Sergi Roberto adalah contoh alumni akademi tersebut yang masih membela Barcelona sampai saat ini. Sebelumnya, ada  nama-nama  seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, dan Pep Guardiola.

Di luar itu,  ada pula alumni yang tampil gemilang di luar Blaugrana. Di antaranya Mikel Arteta (Arsenal), Pepe Reina (Liverpool), hingga Adama Traore (Wolverhampton Wanderers).

Sayangnya, sejak Sergi Roberto, sumbangan pemain La Masia ke skuat utama tim Catalan menurun. Salah satu penyebabnya adalah keputusan manajemen yang lebih suka membeli pemain bintang daripada mengoptimalkan pemain akademi.

Kehadiran bintang-bintang mahal pun membuat alumni La Masia jarang mendapatkan kesempatan. Namun, situasi itu mulai berubah belakangan ini berkat kehadiran 3 pemain alumni yang mulai sering tampil bersama skuat utama, termasuk Ansu Fati.

Kehadiran ketiganya diharapkan mampu membuat Barcelona tidak perlu mengeluarkan dana mahal untuk membeli pemain berkualitas. Selain itu, keberadaan alumni La Masia pun membuat tim asal Catalan itu mampu mempertahankan filosofi permainan mereka.

Berikut 3 alumni La Masia yang layak diberi kesempatan lebih musim depan:

3. Ronald Araujo

© Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty Images
Ronald Araujo, pemain muda Barcelona. Copyright: Xavier Bonilla/NurPhoto via Getty ImagesRonald Araujo, pemain muda Barcelona.

Meski baru tampil 2 kali membela tim senior Blaugrana musim ini, bek tengah Ronald Araujo sukses mencuri perhatian. Dalam penampilan terbarunya saat menghadapi Real Mallorca 13 Juni lalu, duetnya dengan Gerard Pique di sektor bek tengah membawa Barcelona tak kebobolan dan menang 4-0.

Performa itu membuat Ronald Araujo selalu masuk dalam skuat di laga-laga berikutnya, meski akhirnya hanya menjadi penghangat bangku cadangan. Namun seiring bakal perginya Samuel Umtiti, bek 21 tahun asal Uruguay itu dinilai pantas diberi kesempatan lebih banyak.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%