Liga Indonesia

7 Tahun Lalu, Persipura Tega Hancurkan Hati Saudara Mudanya

Sabtu, 4 Juli 2020 07:09 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Grafis: Indosport.com
Pada 2013 atau tujuh tahun lalu, Persipura Jayapura menang telak atas rival sekota, Persidafon Dafonsoro, dalam duel Liga Indonesia. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Pada 2013 atau tujuh tahun lalu, Persipura Jayapura menang telak atas rival sekota, Persidafon Dafonsoro, dalam duel Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Pada 2013 atau tujuh tahun lalu, Persipura Jayapura menang telak atas rival sekota, Persidafon Dafonsoro, dalam duel Liga Indonesia.

Dalam dunia sepak bola, selalu saja ada drama-drama menarik yang tersaji di tiap perhelatannya. Kisah yang selalu menarik, tentu saja laga bertajuk derby. Laga antar rival dari daerah yang sama ini selalu saja diwarnai api yang membara.

Persoalan gengsi menjadi penyebab laga derby selalu menarik untuk ditonton. Tak hanya di liga-liga sepak bola dunia, tapi di Liga Indonesia pun ada beberapa laga derby yang menarik.

Persipura Jayapura kontra Persidafon Dafonsoro memang bukan menjadi derby big match di kompetisi sepak bola Indonesia. Pamornya bahkan tak bisa menyaingi panasnya derby Arema Malang vs Persebaya Surabaya atau Arema Malang vs Persema Malang.

Tapi, kisah derby Persipura Jayapura vs Persidafon Dafonsoro juga sarat akan gengsi. Kedua klub ini saling bersebelahan dan yang membedakan hanya status administratif. Persipura berasal dari Kota Jayapura, dan Persidafon lahir dari Kabupaten Jayapura. Kedua tim berjarak kurang lebih 33 kilometer.

Persipura vs Persidafon tak banyak bertemu di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia. Mereka hanya berhadapan sebanyak empat kali yakni di dua musim beruntun, 2011/2012 dan 2012/2013, sebelum akhirnya Persidafon terdegradasi kembali ke kasta kedua.

Ironis bagi Persidafon Dafonsoro, selama empat kali pertemuan dengan Persipura Jayapura, mereka justru tak pernah mampu memenangkan pertandingan.