Liga Italia

Bintang Juventus Gabung Barcelona, AS Roma Ketiban Durian Runtuh

Selasa, 7 Juli 2020 14:25 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Raksasa sepak bola Serie A Liga Italia, AS Roma, ternyata ikut mendapatkan untung dari transfer bintang Juventus, Miralem Pjanic ke Barcelona beberapa waktu yang lalu.

Juventus telah melepas gelandang mereka, Miralem Pjanic, ke Barcelona dengan nilai transfer sebesar 60 juta euro atau sekitar Rp961 miliar ditambah dana senilai Rp80 miliar.

Meski demikian, transfer tersebut pada dasarnya hanyalah tukar guling dengan Arthur Melo dengan tambahan 12 juta euro (Rp192 miliar) dalam bentuk tunai dan tambahan 10 juta euro (Rp160 miliar) dalam variable add-on.

Setelah mendapatkan Pjanic, Barcelona atau Barca langsung memasang klausul pelepasan sebesar 400 juta euro atau sekitar Rp6,1 triliun ke dalam kontrak sang pemain. Dengan ini, maka resmilah Pjanic menjadi bagian dari sejarah Camp Nou.

Tanpa diduga, seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Sportsashkuz, klub Serie A Liga Italia AS Roma juga ikut kena untung. Pasalnya, mereka akan mendapat bagian dari penjualan Pjanic berdasarkan aturan dari FIFA.

AS Roma akan mendapatkan kompensasi atas jasa mereka yang telah membantu Pjanic mengembangkan karir sepak bolanya. Namun, bukan hanya Roma atau Giallorossi saja. Olympique Lyon, FC Metz, dan Schifflange 95 juga mendapatkan hak serupa.

Rinciannya adalah Roma dan Lyon mendapatkan 450 ribu euro atau sekitar Rp7,3 miliar. Metz akan mendapatkan 1,05 juta euro atau sekitar Rp17 miliar, dan Schifflange akan mendapat 900 ribu euro atau setara dengan Rp14 miliar.

Miralem Pjanic sendiri telah memperkuat Juventus sejak 2016 yang lalu setelah meninggalkan AS Roma. Bersama raksasa sepak bola Serie A Liga Italia tersebut, ia sukses mencetak 22 gol dan menyumbang 37 assists dari total 173 pertandingan yang ia jalani di semua kompetisi.