In-depth

Tuduh Real Madrid Dibantu Wasit, Barcelona Malah Lebih Sering Diuntungkan VAR

Selasa, 7 Juli 2020 20:24 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Quality Sport Images/Getty Images
Tuduh Real Madrid Dibantu Wasit, Barcelona Malah Lebih Sering Diuntungkan VAR Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Tuduh Real Madrid Dibantu Wasit, Barcelona Malah Lebih Sering Diuntungkan VAR

INDOSPORT.COM - Fakta menarik tentang tuduhan Presiden Barcelona akan keseringan Real Madrid dibantu wasit dalam ajang Liga Spanyol, namun statistik menyebut justru El Barca yang raih poin banyak dengan VAR.

Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu belakangan memang ramai dibicarakan terutama setelah komentar bernada kesal perihal kemenangan Real Madrid kontra Athletic Bilbao di Liga Spanyol pada Minggu (05/07/20) malam WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion San Mames tersebut, Real Madrid berhasil meraih kemenangan tipis berkat gol tunggal Sergio Ramos lewat tendangan penalti menit 73.

Penalti tersebut diberi wasit usai Dani Garcia menginjak kaki Marcelo. Wasit mengecek VAR dan mengkonfirmasi hal tersebut.

Insiden VAR inilah yang tampaknya membuat Bartomeu marah, lantaran Real Madrid sebagai pesaing terberat Barcelona dalam perburuan gelar juara musim ini dianggap diuntungkan akibat keputusan VAR.

Apalagi di laga tersebut, Bilbao berpeluang besar mendapat hadiah penalti setelah Sergio Ramos tertangkap menginjak kaki Raul Garcia.

Meski sudah dibantu oleh VAR dan videonya cukup terlihat jelas aksi dari Ramos, namun wasit Jose Gonzalez Gonzalez tidak memberikan hadiah penalti buat tim tuan rumah.

Meski tidak secara spesifik menyinggung laga antara Real Madrid dan Athletic Bilbao, namun Bartomeu memberikan komentar tepat setelah kemenangan El Real dan menyebut VAR sampai merugikan sejumlah tim.

“VAR tidak selevel yang diinginkan semua orang. Usai lockdown, ada banyak permainan yang belum sempurna dan di mana tim yang sama diuntungkan, dan ada tim yang tidak beruntung,” kata Bartomeu dinukil Marca.

“VAR harus membantu wasit. Selama beberapa pertandingan terakhir, semua orang telah melihat gambaran di mana VR belum digunakan dengan baik,” lanjutnya.

Komentar Bartomeu yang kecewa dengan keputusan VAR dan menguntungkan Real Madrid di laga kemarin sendiri memang cukup beralasan, sebab tambahan angka membuat El Real kini kokoh di puncak klasemen Liga Spanyol dengan selisih empat angka dari Barcelona.

Ramainya isu yang menyinggung kinerja wasit dan VAR di Liga Spanyol yang dianggap selalu menguntungkan Real Madrid, namun statistik menyebut bahwa Barcelona lah tim yang paling sering mendapat poin dari VAR.