In-depth

5 Catatan Positif AC Milan dalam Comeback Gemilang atas Juventus di Serie A

Rabu, 8 Juli 2020 09:06 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Anadolu Agency/Getty Images
Terselip lima catatan positif dari penampilan AC Milan ketika menumbangkan tim raksasa Juventus dalam sebuah laga comeback sensasional di Serie A Italia. Copyright: © Anadolu Agency/Getty Images
Terselip lima catatan positif dari penampilan AC Milan ketika menumbangkan tim raksasa Juventus dalam sebuah laga comeback sensasional di Serie A Italia.

INDOSPORT.COM - Terselip lima catatan positif dari penampilan AC Milan ketika menumbangkan tim raksasa Juventus dalam sebuah laga comeback sensasional di Serie A Italia

AC Milan sukses melahirkan comeback sensasional dengan mengamankan kemenangan 4-2 atas tamunya Juventus dalam laga pekan ke-31 Serie A Italia di Stadion San Siro, Rabu (08/07/20) dini hari WIB. 

Sempat tertinggal 2-0 dari gol Adrien Rabiot (47') dan Cristiano Ronaldo (53'), AC Milan membalasnya dengan gelontoran gol dari Zlatan Ibrahimovic (62'), Franck Kessie (66'), Rafael Leao (67'), dan Ante Rebic (80'). 

AC Milan melanjutkan tren positifnya di Serie A setelah sebelumnya meraih tiga kemenangan dan satu imbang dari empat laga. Dengan hasil ini, AC Milan belum terkalahkan di lima laga terakhir Serie A dengan meraih empat kemenangan dan satu imbang. 

Hasil ini membawa AC Milan untuk sementara naik ke peringkat lima Serie A Italia dengan mengumpulkan 49 poin. AC Milan berjarak 14 poin dari Atalanta yang ada di peringkat keempat zona akhir Liga Champions. 

Dalam laga sensasional ini, sejumlah catatan positif pun berhasil ditorehkan AC Milan usai comeback gemilangnya atas Juventus di Serie A Italia. 

1. Respect Stefano Pioli!

Spekulasi berembus dalam beberapa bulan terakhir ini perihal kedatangan Ralf Rangnick sebagai pelatih baru menggantikan Stefano Pioli di AC Milan. 

Akan tetapi, di atas kertas, alasan pergantian ini lama-lama menjadi tidak relevan. Sebab, Stefano Pioli melakukan kerja bagus di AC MIlan dengan membawa mereka ke posisi lima klasemen dari sebelumnya mengalami keterpurukan. 

Bahkan, dua tim favorit juara, Lazio dan AC Milan sanggup mereka libas dengan skor mencolok. Apapun itu, Stefano Pioli harus mendapatkan respect yang lebih besar dari manajemen maupun para fans Rossoneri. 

2. Pergantian Pemain Lagi-lagi Krusial

Pergantian pemain menjadi kunci keberhasilan AC Milan melakukan comeback gemilang atas Juventus di Serie A Italia. Pioli sekali lagi menunjukkan dirinya adalah pelatih yang mampu membaca pertandingan dengan baik. 

Dalam laga melawan AS Roma sebelumnya, kita ditunjukkan bagaimana Lucas Paqueta dan Alexis Saelemaekers memberikan kontribusi besar dalam kemenangan Milan saat masuk ke lapangan.

Stefano Pioli kembali melakukan hal tersebut. Masuknya Hakan Calhanoglu menjadi sangat krusial mengingat betapa sulitnya Lucas Paqueta menembus pertahanan Juventus di babak pertama. 

Masuknya Calhanoglu diikuti dengan Rafael Leao. Leao pun sukses mencetak gol ketiga Milan yang memberikan keunggulan untuk tuan rumah. Stefano Pioli terlihat mengungguli Maurizio Sarri dalam hal taktik pada laga dini hari tadi. 

3. Milan Menunjukkan Karakter

Para pemain AC Milan mesti diberikan pujian tinggi atas keberhasilan mereka membalikkan keadaan ketertinggalan 0-2 dari Juventus yang merupakan klub terkuat di Serie A Italia saat ini. 

Tertinggal 2-0 di awal babak pertama bukanlah hal mudah. Mental pemain AC Milan bisa saja langsung runtuh. 

Namun nyatanya yang terjadi tidak demikian. Para pemain menunjukkan karakter mereka dengan terus berusaha dan percaya untuk bisa memenangkan pertandingan. 

Penalti dari Zlatan Ibrahimovic mampu memberikan kepercayaan diri bagi pemain Milan untuk mengejar ketertinggalan. Laga dini hari tadi benar-benar menunjukkan karakter AC Milan sesungguhnya.