Liga Inggris

Arsenal vs Leicester City: Mikel Arteta Bingung dengan Kinerja VAR

Rabu, 8 Juli 2020 13:54 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta merasa bingung dengan peran VAR saat setelah wasit memberikan kartu merah kepada pemainnya, Eddie Nketiah, dalam laga Arsenal vs Leicester City.

Arsenal harus puas dengan hasil imbang 1-1 saat melawan Leicester City di Emirates Stadium pada Rabu (08/07/20)  dini hari WIB dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris musim 2019/2020 pekan ke-34.

Saat pertandingan Arsenal vs Leicester City berlangsung, tim tuan rumah berhasil membuat gol pembuka pada menit ke 21 melalui kontribusi dari Pierre-Emerick Aubameyang. Namun, Leicester City berhasil menyamakan kedudukan lewat Jamie Vardy pada menit ke-84.

Jika dilihat secara keseluruhan, penampilan dari Arsenal sendiri sudah bermain sangat baik dan lebih mengancam ketimbang tamunya tersebut, setidaknya sebelum Eddie Nketiah dihadiahi kartu merah oleh wasit pada menit ke 75.

Striker berusia 21 tahun itu dikeluarkan dari lapangan karena menurut wasit ia melakukan pelanggaran setelah hanya bermain empat menit dengan menggantikan Alexandre Lacazette di menit ke 71.

Melihat kejadian tersebut, sang pelatih Mikel Arteta mengakui bahwa dirinya tidak yakin dengan aturan mengenai Video Assistant Referees (VAR) setelah Eddie Nketiah dikeluarkan dari lapangan sebelum timnya kebobolan pada menit ke 84.

“Saya tidak mengerti aturannya. Saya tidak pernah melihat wasit memeriksa salah satu gambar (dari layar di pinggir lapangan). Tapi saya tidak bisa melakukan apa-apa sekarang,” kata Arteta dilansir dari Goal International.

Mengenai kartu merah yang didapatkan anak asuh Mikel Arteta, ia berpandangan bahwa pemain Leicester City seharusnya juga mendapatkan kartu merah pada menit akhir sebelum berakhirnya pertandingan babak pertama.

Tidak dijelaskan secara spesifik, tapi Mikel Arteta juga menyebut bahwa kartu merah Nketiah bakal jadi bahan evaluasi tim karena sudah cukup banyak pemain yang diusir sejak ia menjadi pelatih kepala di Arsenal.

Meski bermain imbang dalam laga Arsenal vs Leicester City, mantan asisten Pep Guardiola ini masih bisa mengambil hal positif dari anak asuhnya. Ia menganggap mereka sudah semakin berkembang dan bermain sangat bagus selama dilanjutkannya kembali Liga Inggris.

Dengan hasil tersebut, Arsenal berhasil menambahkan satu poin dan berada di posisi ke tujuh klasemen sementara Liga Inggris musim 2019/2020 dengan mengumpulkan 50 poin. Sementara itu, Leicester City harus digantikan posisinya oleh Chelsea dan saat ini berada di peringkat keempat.