Liga Inggris

Klopp Bicara Perubahan Sadio Mane Sejak Pindah dari Southampton

Rabu, 8 Juli 2020 20:48 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Getty Images
Jurgen Klopp buka suara soal perkembangan Sadio Mane sejak datang ke Liverpool dari Southampton empat tahun lalu. Copyright: © Getty Images
Jurgen Klopp buka suara soal perkembangan Sadio Mane sejak datang ke Liverpool dari Southampton empat tahun lalu.

INDOSPORT.COM - Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, merasa seorang Sadio Mane sudah banyak berkembang sejak datang dari klub Liga Inggris, Southampton, pada tahun 2016 silam.

Kedatangan bintang sepak bola asal Senegal tersebut ke Anfield bisa dibilang terasa biasa saja, mungkin tidak banyak orang yang mengenal namanya saat itu. Bahkan, keputusan The Reds ngotot memboyongnya seolah membuat publik mengerutkan dahi.

“Saya ingat anak laki-laki yang kami bawa dari Southampton, dia punya bakat tapi masih kurang konsisten (dalam bermain). Mungkin orang-orang merasa dia tidak layak didatangkan,” ujar Jurgen Klopp.

Untungnya, Liverpool melihat adanya potensi dalam diri Sadio Mane dan memutuskan memberi kepercayaan penuh kepadanya. Benar saja, pada akhirnya waktulah yang menjawab.

Sadio Mane perlahan mulai menjelma sebagai sosok yang diperhitungkan di kancah sepak bola Liga Inggris. Hal tersebut pun juga diakui oleh Klopp, yang menyebut anak asuhnya itu kini sudah menjadi pemain dengan paket lengkap.

“Konsistensi adalah kuncinya. Level penampilannya saat ini luar biasa dan dia telah banyak membantu kami. Dia adalah pemain lengkap, ofensif, defensif, dan dia telah bekerja keras,” lanjut Klopp.

“Saya sebenarnya juga bisa membicarakan tentang pemain lain tapi Sadio telah membuat langkah nyata, dan itu normal-normal saja. Dia datang dan kemudian tumbuh di sini,” tambah juru taktik asal Jerman tersebut.

Sadio Mane sendiri pertama kali didatangkan Liverpool dari Southampton pada tahun 2016 dengan banderol 34 juta poundsterling. Saat itu, kesepakatan transfer ini sempat menempatkan dirinya sebagai pemain Afrika termahal sepanjang masa.

Pembelian The Reds ini pun tidak berakhir sia-sia. Jurgen Klopp yang juga bertindak sebagai sosok ‘ayah’ dalam tim tentu bangga bisa menyaksikan perkembangan Sadio Mane dan rekan-rekannya dari masa ke masa.

Apalagi dalam beberapa waktu terakhir, The Reds mulai menunjukkan prestasi signifikan dan mentereng. Setelah memenangkan Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, dan Piala Super Eropa, Liverpool akhirnya juara Liga Inggris lagi setelah 30 tahun lamanya berpuasa.