In-depth

Gian Piero Gasperini, Reinkarnasi Zdenek Zeman yang Disempurnakan

Kamis, 9 Juli 2020 13:48 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Grafis: Yanto/INDOSPORT/Gettyimages
Keganasan lini depan Atalanta di bawah asuhan Gian Piero Gasperini mengingatkan pada legenda sepak bola menyerang Serie A Italia, Zdenek Zeman. Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT/Gettyimages
Keganasan lini depan Atalanta di bawah asuhan Gian Piero Gasperini mengingatkan pada legenda sepak bola menyerang Serie A Italia, Zdenek Zeman.

INDOSPORT.COM - Keganasan lini depan Atalanta di bawah asuhan Gian Piero Gasperini mengingatkan pada legenda sepak bola menyerang Serie A Italia, Zdenek Zeman. 

Klub Serie A Italia, Atalanta, seakan tak mau berhenti untuk terus tampil impresif musim ini. La Dea alias Sang Dewi terus melanjutkan tren positif dengan meraih sembilan kemenangan beruntun.

Kemenangan 2-0 yang mereka raih atas Sampdoria dini hari tadi menjadi kemenangan ke-20 Atalanta musim ini sekaligus mengantar mereka naik ke posisi tiga klasemen menggeser Inter Milan. 

Perolehan ini semakin mempertegas Atalanta sebagai tim paling ganas di Serie A Italia. Julukan 'Monster Serie A' mungkin paling tepat untuk disematkan pada Atalanta musim ini. Bagaimana tidak, 85 gol sudah berhasil mereka ceploskan dari 31 laga Serie A sejauh ini. 

Jumlah ini adalah yang terbaik jauh melebihi Lazio (67 gol) dan Juventus (65 gol) pesaing terdekat mereka. Keberhasilan penampilan impresif dan tajam Atalanta musim ini tak terlepas dari kejeniusan pelatih mereka, Gian Piero Gaseprini. 

Keganasan Atalanta di Bawah Gasperini

Julukka tim ganas pantas disematkan kepada Atalanta. La Dea menjadi tim yang paling sering meraih kemenangan besar di antara klub-klub lain di Serie A Italia. 

Capaian ini membuat mereka menjadi yang paling mengerikan di Serie A Italia sejak rekor AC Milan tahun 1959. Di masa itu AC Milan menjadi tim yang paling banyak menang dengan menceploskan lima atau lebih gol dalam satu pertandingan. 

Rossoneri mampu mencetak lebih dari lima gol dalam enam pertandingan di bawah kepemimpinan Cesare Maldini. Capaian itu sanggup didekati oleh Atalanta musim ini. 

Bahkan, dengan tujuh laga tersisa, skuat asuhan Gian Piero Gasperini berpotensi menyamai atau bahkan melebihi rekor Milan di tahun 1959. 

Statistik menunjukkan Atalanta sudah lima kali sukses mencetak lima gol atau lebih dalam satu pertandingan musim ini. Udinese jadi korban pertama mereka pada pekan ke-9 saat dihabisi dengan skor 7-1. 

Kemudian disusul oleh AC Milan (5-0), Parma (5-0), Torino (7-0), dan teranyar Lecce dengan skor 2-7. Bahkan, kemenangan 5-0 atas Milan dan Parma diraih secara beruntun. 

Di atas kertas, Atalanta relatif lebih mengerikan dibanding AC Milan tahun 1959. Meski memiliki satu pertandingan lebih sedikit, namun lima laga yang mereka menangkan semua terjadi dengan marjin skor sangat mencolok.

Reinkarnasi Zdenek Zeman

Sepak bola ofensif yang ditunjukkan Atalanta pun mengingatkan kita pada sosok pelatih legendaris Zdenek Zeman. Zeman merupakan salah satu pelatih paling idealis dalam sejarah Serie A Italia. 

Bagi dia, sepak bola itu adalah menyerang dan mencetak gol. Penampilan menghibur lebih penting dari sekadar hasil akhir. 

Sepanjang 30 tahun lebih berkarier, pelatih kelahiran Ceko ini dikenal luas karena filsafat sepak bola menyerangnya. Hampir tiap tim yang dipegangnya selalu menjadi tim tersubur alias paling banyak cetak gol. 

Kegilaan Zeman pada sepak bola ofensif mulai tercium saat ia membesut klub Foggia selama tiga musim di era 90-an. Gaya sepak bola ultraofensifnya membawa Foggia (58 gol) menjadi tim paling produktif kedua setelah The Dream Team AC Milan asuhan Fabio Capello yang menjadi juara musim 1991-1992.

Namun, sepak bola ultraofensif milik Zeman bak pedang bermata dua. Foggia menjadi tim dengan pertahanan terburuk ketiga di Serie A. 

Namun, hal itu tak membuat Zeman hilang pamor. Justru ia makin melegenda sebagai pelatih dengan gaya ofensivitas tinggi yang paling diidam-idamkan striker. 

Tercatat Lazio dan AS Roma pernah beberapa kali diasuhnya. Dengan formasi andalan 4-3-3, ia pula yang membuat Fransesco Totti untuk kali pertama mencetak lebih dari 10 gol dalam kariernya.  

Sayang, meski nomor satu dalam urusan mencetak gol, prestasi terbaiknya cuma dua kali membawa klub Italia menjuarai Serie B. Teranyar, prestasi itu ditorehkan saat membesut Pescara yang masih diperkuat Marco Veratti. 

Zemanlandia, atau gaya ofensif dari Zeman inilah yang menurun pada juniornya, Gian Piero Gasperini. Hanya saja, Gasperini memiliki sistem ofensivitas tersendiri yang seakan menyempurnakan kekurangan Zeman