Liga Inggris

Ucapkan Ini ke Manchester City, Pep Guardiola Bakal Angkat Kaki?

Rabu, 15 Juli 2020 12:48 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola ucapkan sesuatu tentang klub Liga Inggris, Manchester City. Apakah ini menandakan dirinya bakal segera pergi? Copyright: © Chris Brunskill/GettyImages
Pep Guardiola ucapkan sesuatu tentang klub Liga Inggris, Manchester City. Apakah ini menandakan dirinya bakal segera pergi?

INDOSPORT.COM - Masa depan Pep Guardiola sebagai pelatih raksasa Liga Inggris, Manchester City, mulai jadi tanda tanya. Hal ini muncul setelah ia mengutarakan suatu hal, yakni klub bakal tetap kuat tanpanya.

Seperti diketahui, berbagai masalah sempat terjadi di kubu The Sky Blues sepanjang musim ini, salah satunya ialah pelanggaran hukum Financial Fair Play (FFP) yang ditetapkan oleh UEFA. Badan Organisasi Sepak Bola Eropa ini mengancam agar Manchester City tak tampil di Liga Champions dua musim berturut-turut.

Membawa ranah masalah ini ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), pada akhirnya kasus sukses dimenangkan oleh The Citizens. Alhasil ini pun juga menjadi isyarat baik untuk para pemain berkualitas seperti Kevin De Bruyne, Raheem Sterling, dan Sergio Aguero tak jadi angkat kaki.

Merasa puas luar biasa timnya bisa bebas dari jerat hukum, Pep Guardiola malah menyatakan bahwa kontraknya yang bakal berakhir pada 2021 mendatang tak terlalu penting. Ia pun justru mendukung agar Manchester City lebih mengutamakan para pemain berkualitas yang bakal jadi pondasi kuat suatu klub.

"Klub saat ini sangat kuat dengan Pep dan tanpa Pep, jadi tak ada suatu masalah yang bakal terjadi nanti. Klub ini mampu sukses bahkan sebelum saya datang, sebut saja kedatangan Mancini dan Pellegrini yang berbuah banyak gelar dengan permainan apiknya," tutur Pep Guardiola dilansir laman Manchester Evening News.

"Ketika saya tak lagi ada di sini, struktur klub ingin berkembang agar lebih tangguh lagi. Harus dimaklumi saya bukan pelatih yang bagus tanpa ada pemain yang bagus pula, sehingga saya membutuhkan klub yang punya finansial kuat untuk penuhi hal ini," tambahnya.

Karier Guardiola di Liga Inggris nyaris tercoreng jika saja UEFA berhasil menjatuhi hukuman ke klubnya saat ini. Dengan larangan tampil di Liga Champions selama dua musim berturut-turut, cukup untuk membuat dia angkat kaki dari Etihad Stadium.

Akan tetapi, nasib berkata lain setelah Manchester City menangi kasus, dan tentu saja ini bisa jadi alasan manajemen patut memperpanjang kontrak Guardiola dalam waktu dekat. Seperti dilihat, berkat tangan dingin eks pelatih Barcelona ini, klub asal Manchester tersebut bisa menangi Liga Inggris dua musim beruntun.