Liga Inggris

Liverpool Kalah Atas Arsenal, Alisson Lebih Buruk Dari Karius

Kamis, 16 Juli 2020 14:47 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Clive Brunskill/Getty Images
Penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker, menunjukkan permainan yang buruk dalam laga melawan Arsenal di kompetisi Liga Inggris pekan ke-36. Copyright: © Clive Brunskill/Getty Images
Penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker, menunjukkan permainan yang buruk dalam laga melawan Arsenal di kompetisi Liga Inggris pekan ke-36.

INDOSPORT.COM - Penjaga gawang Liverpool, Alisson Becker, menunjukkan performa yang buruk dalam laga melawan Arsenal di kompetisi Liga Inggris pekan ke-36.

Dalam lanjutan kompetisi Liga Inggris musim 2019/2020 pekan ke 36, Arsenal berhasil menumbangkan Liverpool yang tengah mendapatkan gelar juara di kompetisi kasta tertinggi Inggris dengan skor 2-1. Hal tersebut nemambahkan catatan buruk bagi The Reds musim ini.

Meski unggul lebih dulu atas tim tuan rumah melalui sepakan dari Sadio Mane di menit ke-20, Liverpool harus menelan kekalahan saat Arsenal berhasil melesatkan dua gol dalam selisih waktu 12 menit di babak pertama.

Gol penyeimbang yang dicetak oleh Arsenal terjadi setelah Alexandre Lacazette membobol gawang Liverpool pada menit ke-32. Satu menit sebelum babak pertama usai, Arsenal menambahkan satu gol lagi yang dicetak oleh Reisse Nelson pada menit ke-44.

Gol yang dicetak oleh Reisse Nelson sendiri merupakan bentuk blunder dari penjaga gawang Liverpool, yakni Alisson Becker, yang memberikan umpan mendatar dari dalam kotak penalti dan berhasil dipotong oleh Alexandre Lacazette.

Lacazette kemudian memberikan bola tersebut kepada Nelson yang berada persis di dalam kotak penalti dari Alisson. Tak berbikir panjang, ia langsung melesatkan tendangan tersebut dengan kaki kanannya dan berujung tambahan angka untuk Arsenal.

Blunder yang dilakukan oleh Alisson ini harus membuat Liverpool menerima kekalahan ketiga kalinya di sepanjang bergulirnya kembali Liga Inggris musim 2019/2020. Ia juga mencatatkan penampilan yang buruk.

Catatan buruk tersebut adalah menjadi kiper Liverpool yang paling sering membuat kesalahan dan berakibat gol bagi tim lawan. Seperti dilansir dari Squawka, kesalahan yang dibuat oleh Alisson lebih banyak dari pada penjaga gawang lainnya, yakni Loris Karius.

Loris Karius sendiri selama membela The Reds dari tahun 2016 hingga 2017 hanya melakukan dua kesalahan. Sedangkan, Alisson sendiri dalam peridoe pertamanya sudah mencatatan kan empat kali kesalahan.

Meski demikian, Alisson masih lebih unggul dari segi clean sheet selama bermain di Liga Inggris. Penjaga gawang asal Brasil ini mampu mencatatkan 13 clean sheet dalam 36 pertandingan di musim 2019/2020. Meski begitu, torehan itu masih kalah dengan kiper Burnley dan Manchester City, yakni Nick Pope dan Ederson.

Di sisi lain, ini merupakan capaian yang luar biasa bagi pasukan Mikel Arteta yang beberapa pertandingan terakhir menunjukkan permainan yang tidak konsisten. Terlebih, Liverpool sendiri juga tampil buruk dalam laga setelah ditentukan sebagai juara Liga Inggris musim ini.

Meski menang atas Liverpool, pasukan dari Mikel Arteta ini masih tetap berada di peringkat kesembilan klasemen sementara Liga Inggris dengan mengumpulkan 53 poin dari 36 pertandingan yang sudah mereka jalani.