Liga Inggris

Lolos Sanksi UEFA, Manchester City Bisa Untungkan Liverpool

Kamis, 16 Juli 2020 18:45 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Visionhaus via Getty Images
Klub Liga Inggris, Manchester City, lolos dari sanksi UEFA beberapa bulan lalu, hal yang dipercayai merupakan keuntungan besar bagi Liverpool. Copyright: © Visionhaus via Getty Images
Klub Liga Inggris, Manchester City, lolos dari sanksi UEFA beberapa bulan lalu, hal yang dipercayai merupakan keuntungan besar bagi Liverpool.

INDOSPORT.COM - Manchester City akhirnya lolos dari sanksi yang diberikan oleh UEFA pada beberapa bulan lalu. hal ini dipercayai merupakan keuntungan besar bagi Liverpool.

Pada Senin (13/07/20) WIB, pihak dari Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) mengambulkan banding yang diajukan oleh Manchester City mengenai sanksi yang dijatuhkan oleh UEFA. Dengan demikian, The Citizens dipastikan untuk mengikuti kompetisi Eropa.

Selain lolos dari sanksi bermain di kompetisi Eropa selama dua musim ke depan, Manchester City juga mendapatkan keringanan mengenai pemotongan denda seperti yang diputuskan oleh CAS.

Awalnya, klub asuhan Pep Guardiola ini mendapatkan denda dari UEFA sebesar 30 juta euro atau kisaran 493 miliar rupiah. Sekarang dipotong menjadi 10 juta eruo atau sekitar 164 miliar rupiah setelah putusan banding dari CAS.

Sanksi tersebut dikarenakan pada tahun 2018 silam terdapat media asal Jerman yang mengungkap kondisi keungan tim dari Manchester City. Hal ini ternyata melanggar dari aturan UEFA mengenai Financial Fair Play (FFP).

Banyak klub-klub Liga Inggris yang menyayangkan keputusan dari CAS mengenai hasil banding yang diajukan oleh Citizens pada bulan Juni lalu. Keputusan meloloskan Man City dari sanksi tersebut merupakan keganjalan tersendiri.

Kendati demikian, terdapat pendapat yang berbeda dari mantan pemain Liverpool, John Aldridge. Ia berpendapat bahwa lolosnya Manchester City dari sanksi UEFA ini justru menguntungkan The Reds dalam dua musim ke depan.

Menurut Aldridge, absennya Manchester City dari kanca Eropa akan membuat mereka sepenuhnya fokus kepada Liga Inggris sehingga akan lebih menyulitkan mantan klubnya tersebut untuk bisa mempertahankan gelar juara di musim depan.

“Dari sudut pandang Liverpool, keputusan CAS yang membatalkan sanksi dua tahun berlaga di Liga Eropa milik Manchester City akan menguntungkan mereka. Sebab, jika mereka tidak bermain maka mereka memiliki waktu yang cukup demi mempersiapkan kompetisi Liga Inggris dan akan meraih kebali trofi yang ia peroleh dua musim terakhir,” kata John Aldridge kepada Liverpool Echo.

Dengan keputusan tersebut, kedua tim antara Liverpool dan Manchester City akan sama-sama memiliki jadwal bermain yang banyak di semua kompetisi musim depan. Jadi, keduanya akan sama-sama bermain di Liga Inggris dan Liga Champions serta akan menunjukan performa yang menarik.

Di sisi lain, dengan diloloskannya banding mereka kepada CAS, membuat keuntungan tersendiri bagi Manchester City. Bagaimana tidak, mereka tidak jadi kehilangan pemain bintang yang selama ini dikabarkan akan hengkang jika dua musim kedepan tidak bermain di Liga Champions.