Liga Indonesia

Bersolek untuk Piala Dunia U-20, Jakabaring Kebagian 'Jatah' Rp20 Miliar

Jumat, 17 Juli 2020 02:45 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Penampakan terkini Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Penampakan terkini Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang.

INDOSPORT.COM - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan sangat serius ingin Piala Dunia U-20 2021 dimainkan di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang. Mereka bahkan telah menyiapkan bujet fantastis sebesar Rp20 miliar.

“Ya, kita telah mempersiapkan dana Rp20 miliar atau sekitar 30 persen dari kebutuhan,” kata Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, Kamis (16/7/20).

Dana sebesar Rp20 miliar ditujukan untuk mempercantik Stadion Gelora Sriwijaya kebanggaan masyarakat Sumsel ini. Beberapa peremajaan akan dilakukan untuk memenuhi standar dari tuan rumah Piala Dunia U-20.

Sebelumnya, Sumsel telah menganggarkan Rp11 miliar untuk peremajaan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang. Tapi, kemudian dirasa perlu ditambah sehingga total bujet yang dianggarkan mencapai Rp20 miliar.

Menurut Herman Deru, pendanaan sebesar Rp20 miliar untuk pembenahan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, ini telah dilakukan penandatanganan.

“Nantinya dana ini akan dipakai untuk membangun sarana pendukung seperti lapangan pendamping yang rencananya dimulai setelah bulan September mendatang. Selain itu, kita juga akan merapikan kembali Stadion GSJ,” ujarnya.

Lebih lanjut, pihaknya telah melakukan rapat lanjutan dan berkoordinasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk memastikan kejelasan Sumsel menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia U-20. 

Dari hasil koordinasi Menpora menyebutkan jika keputusan Presiden telah final bahwa Sumatra Selatan masuk menjadi tuan rumah. Hanya saja tinggal menanti persetujuan FIFA.

“Maka dari itu, saya meminta dukungan seluruh pihak, khususnya publik Sumsel supaya Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, Palembang, menjadi salah satu stadion yang digunakan atau dipakai dalam Piala Dunia U-21 2021,” tandas Herman Deru.