In-depth

Bukan 'Dibantu' Wasit, Barcelona Sendiri yang Buat Real Madrid Juara LaLiga

Jumat, 17 Juli 2020 13:08 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Getty images
Barcelona terus menuding rivalnya Real Madrid dibantu keputusan VAR dalam memenangkan persaingan gelar juara LaLiga Spanyol. Apakah betul demikian? Copyright: © Getty images
Barcelona terus menuding rivalnya Real Madrid dibantu keputusan VAR dalam memenangkan persaingan gelar juara LaLiga Spanyol. Apakah betul demikian?

INDOSPORT.COM - Barcelona terus menuding rivalnya Real Madrid dibantu keputusan VAR dalam memenangkan persaingan gelar juara LaLiga Spanyol. Apakah di lapangan faktanya betul demikian?

Real Madrid akhirnya memastikan diri sebagai kampiun LaLiga Spanyol 2019-2020 usai menekuk Villarreal 2-1 dalam pertandingan pekan ke-37 di Stadion Alfredo Di Stefano, Jumat (17/07/20) dini hari WIB.

Kemenangan ini membawa Real Madrid nangkring di posisi puncak klasemen dengan 86 poin hasil 26  menang, 8 seri, dan 3 kalah. Posisi El Real tak terkejar oleh Barca (79 poin) yang di waktu bersamaan kalah dari Osasuna. 

Tak ada pihak yang paling merasa kesal dan dirugikan dari hal ini selain daripada Barcelona, rival utama mereka di LaLiga Spanyol. Maklum, seperti sebelum-sebelumnya, kedua tim bersaing sengit sepanjang musim ini. 

Namun, musim ini sedikit berbeda. Ada bumbu-bumbu yang dinamakan dengan VAR (Video Assistant Referee). Di seperempat musim ini pihak Barcelona tak henti-hentinya menuding Real Madrid dibantu oleh VAR dalam mendapatkan poin pertandingan. 

Tak tanggung-tanggung, presiden klub Barca, Josep Maria Bartomeu, menyindir langsung hal ini meski tak menyebut nama Madrid secara langsung. "Setelah lockdown, ada banyak laga yang bahkan satu tim yang sama selalu diuntungkan dan banyak tim yang lainnya tidak beruntung," ujar Bartomeu dikutip dari Marca.

Dalam beberapa laga-laga terakhir Real Madrid memang mendapatkan penalti dan beberapa di antaranya melalui keputusan VAR terlebih dahulu. 

"VAR harus memberikan bantuan pada wasit. Dalam beberapa laga terakhir, semuanya bisa melihat bahwa VAR tidak digunakan dengan baik," tambah Bartomeu.

Sementara itu hal berkebalikan terjadi pada bek Barcelona, Gerard Pique, meskipun objeknya tetap sama, yakni dirugikan VAR. Dalam sebuah laga melawan Villarreal, Pique memberikan gestur kontroversial ketika VAR terlibat dalam keputusan wasit. 

Pique dan fans Barcelona merasa timnya lebih sering dirugikan oleh VAR ketimbang Real Madrid yang notabene lebih banyak mendapat keuntungan. Hal ini dianggap memengaruhi dalam persaingan di tangga juara, terutama setelah lockdown. 

© Denis Doyle/Getty Images
Skuat Real Madrid merayakan gol Marco Asensio ke gawang Alaves. Copyright: Denis Doyle/Getty ImagesSkuat Real Madrid merayakan gol Marco Asensio ke gawang Alaves.

Dari statistik, setidaknya ada enam momen di mana Real Madrid dituding diuntungkan oleh VAR mulai dari hadiah penalti sama keputusan off side. Keenam laga itu adalah Real Madrid 1-3 Eibar (pekan ke-28),  Real Madrid 3-0 Valencia (pekan ke-29), Real Sociedad 1-2 Real Madrid (pekan ke-30), Real Madrid 1-0 Getafe (pekan 33), dan teranyar Athletic Bilbao 0-1 Real Madrid (pekan 34).

Namun, apakah benar keberhasilan Real Madrid mengunci gelar dengan selisih tujuh poin dari Barcelona di pekan ke-37 merupakan andil dari VAR?  

Bicara soal VAR, sebetulnya bukan Real Madrid saja yang 'diuntungkan'. Barcelona pun pernah diuntungkan. Tak percaya?

Dilansir dari AS, terselip fakta menarik pada musim 2019-2020 ini di mana Real Madrid mendapat sepuluh kali intervensi atau keputusan lewat VAR.

Dari total tersebut, hanya dua di antaranya yang mengubah hasil imbang menjadi kemenangan buat Real Madrid, sementara dua keputusan VAR lainnya justru membuat El Real meraih kekalahan.

Sedangkan Barcelona yang juga sama-sama mendapat 10 kali intervensi VAR, hanya satu kali mendapat keuntungan lantaran laga berubah menjadi kemenangan dan satu keputusan membuat laga berakhir imbang.

Jika ditotal, maka Real Madrid mendapatkan sembilan poin akibat VAR namun juga kehilangan 14 angka dengan regulasi ini. Artinya, Madrid kehilangan lima angka dari yang semestinya mereka dapatkan.

Sementara Barcelona, walau hanya dua keputusan VAR yang berpengaruh dengan hasil akhir laga, namun jika ditotal mereka berhasil mendulang empat poin tambahan.