Bola Internasional

5 Pemain Sayap Kiri Terbaik Dunia, Bertabur Bintang Papan Atas

Minggu, 19 Juli 2020 18:02 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Isman Fadil
© Michael Reaves/Getty Images
Neymar JR, salah satu penyerang sayap terbaik di dunia. Copyright: © Michael Reaves/Getty Images
Neymar JR, salah satu penyerang sayap terbaik di dunia.

INDOSPORT.COM - Berikut tersaji lima pemain sayap kiri terbaik di dunia, di mana mereka adalah para bintang tenar yang membela klub sepak bola elit Eropa.

Dalam dunia sepak bola, sebuah tim memiliki beragam posisi dalam skuatnya, seperti penjaga gawang (kiper), bek, gelandang, dan striker. Itu adalah posisi umum. Untuk lebih khusus, ada winger, playmaker, dan lain-lain.

Pembahasan kali ini adalah seputar pemain sayap (winger) yang berposisi di sebelah kiri. Winger yang dimaksud di sini adalah pemain yang ditempatkan di lini depan dalam formasi tiga penyerang seperti 4-3-3, 3-4-3, dan sebagainya.

Peran seorang winger sangat vital bagi sebuah tim sepak bola. Mereka bertugas untuk membuka peluang, mencetak gol, dan bermain kreatif demi terciptanya gol dari rekan-rekannya. Sehingga, posisi tersebut tidak bisa diisi oleh pemain sembarangan.

Melansir dari laman portal berita olahraga 90 Min, berikut tersaji lima pemain yang mendapat predikat winger kiri terbaik di dunia masa ini.

1. Raheem Sterling (Manchester City)

Raheem Sterling adalah salah satu 'jimat' bagi klub Liga Inggris, Manchester City. Ia telah membela klub The Citizen sejak 2015 yang lalu, usai meninggalkan Liverpool. Sterling memiliki banyak penghargaan pribadi seperti Pemain Muda Terbaik Liverpool 2013/14, Pemain Terbaik FWA 2018/19, dan lain-lain.

Salah satu kemampuan yang paling menonjol dalam diri Raheem Sterling adalah fleksibilitas. Ia mampu bermain dalam formasi apapun. Selain itu, ia juga memiliki kecepatan yang tinggi, berani mengejar bola, dan memiliki kecakapan dribble yang sangat baik. Hal itu membuatnya dibanding-bandingkan dengan Alexis Sanchez.

2. Neymar (Paris Saint-Germain)

Salah satu pemain yang penuh dengan kontroversi, Neymar, ternyata menjadi salah satu winger kiri terbaik dunia versi 90 Min. Namanya sudah bersinar sejak memperkuat Barcelona pada 2013-2017. Bahkan, performanya semakin baik bersama Paris Saint-Germain dari Ligue 1 Prancis sejak 2017.

Neymar terkenal dengan staminanya. Ia sangat enerjik saat di lapangan. Kedua, ia punya kemampuan menipu lawan dengan baik melalui skill mengolah bolanya. Selain itu, Neymar juga ahli dalam hal dribbling, passing, finishing, serta sangat kreatif dalam mengobrak-abrik pertahanan tim lawan.