Liga Indonesia

21 Juli 2019: Persija Kangkangi PSM di Leg 1 Final Piala Indonesia

Selasa, 21 Juli 2020 10:19 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tepat setahun yang lalu, Persija Jakarta berhasil mengangkangi PSM Makassar dengan skor 1-0 pada leg pertama Final Piala Indonesia 2018/19, Minggu (28/07/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Tepat setahun yang lalu, Persija Jakarta berhasil mengangkangi PSM Makassar dengan skor 1-0 pada leg pertama Final Piala Indonesia 2018/19, Minggu (28/07/19).

INDOSPORT.COM - Tepat setahun yang lalu, Persija Jakarta berhasil mengangkangi PSM Makassar dengan skor 1-0 pada leg pertama Final Piala Indonesia 2018/19, Minggu (28/07/19).

Sepakan Ryuji Utomo dimenit ke-87 membuat puluhan ribu The Jak Mania yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, bersuka cita hingga akhir laga.

Pertemuan dua klub yang telah memiliki rivalitas sejak era 1990-an membuat atmosfer Final Piala Indonesia 2018/19 menjadi sangat panas baik di dalam maupun luar lapangan.

Baik para pelatih, pemain, hingga suporter kedua belah pihak telah saling perang urat syaraf sejak jauh hari sebelum leg pertama dihelat di stadion kebanggaan masyarakat Indonesia.

Perang urat syaraf dari luar lapangan pun terbawa hingga masuk ke dalam lapangan yang membuat hawa panas terus menyelimuti Stadion Utama Gelora Bung Karno di hari itu.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Novri Setiawan dan Zulham Zamrun memperebutkan bola di laga Persija vs PSM. Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTNovri Setiawan dan Zulham Zamrun memperebutkan bola di laga Persija vs PSM.

Terjadi insiden demi insiden yang melibatkan kelompok suporter kedua klub di sisi tribun Stadion Utama Gelora Bung Karno sejak beberapa jam sebelum kick off hingga selesai laga.

Sementara di atas lapangan, 22 pemain yang terbagi rata memakai jersey oranye dan biru hitam saling berjibaku disepanjang laga demi satu tujuan, yakni keluar sebagai juara.

Macan Kemayoran langsung mengambil inisiatif sejak wasit Dwi Purba Adi Wicaksana meniup peluit tanda sepak mula sehingga membuat Pasukan Ramang lebih banyak bertahan.

Peluang pertama pun diukir oleh armada Julio Banuelos lewat kemelut di dalam kotak penalti yang gagal dimanfaatkan Rohit Chand setelah sepakannya melebar tipis di kiri gawang.

Begitupun dengan sundulan Marko Simic dimenit ke-25 yang masih melambung tipis dan tendangan spekulatif Sandi Sute (30') dari luar kotak penalti masih tepat dipelukan Hilmansyah.

Sementara itu, tim tamu mengkreasikan dua peluang emas lewat sepakan jarak jauh Zulham Zamrun (31') dan tusukan M Rahmat yang diakhiri tendangan kaki kiri (41') namun masih dimentahkan oleh Shahar Ginanjar.

Situasi yang sama kembali terulang di babak kedua, akan tetapi Persija Jakarta tak mampu menciptakan satupun peluang bersih akibat performa apik Hilmansyah di bawah mistar gawang.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Duel bola di laga Persija vs PSM Makassar Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTDuel bola di laga Persija vs PSM Makassar

Selain itu, kuartet lini belakang yang diisi oleh Asnawi Mangkualam, Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi plus duet gelandang bertahan Marc Klok dan Rizky Pellu semakin memperkokoh tembok pertahanan.

Bahkan, PSM Makassar nyaris mencuri gol dimenit ke-70 andai sepakan Guy Junior tak dihalau oleh Shahar Ginanjar dalam situasi one on one di dalam kotak penalti.

Apiknya pertahanan Pasukan Ramang akhirnya runtuh juga dimenit ke-87 setelah Ryuji Utomo berhasil memenangkan perebutan bola udara untuk menyambut sepak pojok Ismed Sofyan.

Dengan sekali kontrol, Ryuji Utomo langsung melepas tendangan kaki kanan yang meluncur deras menghujam gawang Hilmansyah dan merubah skor menjadi 1-0.

Skor 1-0 menjadi akhir leg pertama Final Piala Indonesia 2018/19 yang menjadi modal berharga Persija Jakarta untuk memainkan leg kedua di kandang PSM Makassar.

Susunan Pemain:

  • Persija Jakarta (4-3-3): Shahar Ginanjar 88; Ismed Sofyan 14 (c), Maman Abdurahman 6/Ryuji Utomo 4 (82'), Tony Sucipto 16, Rezaldi Hehanusa 28/Heri Susanto 94 (48'); Rohit Chand 32, Bruno Matos 10/Bambang Pamungkas 20 (83'), Sandi Sute 45; Riko Simanjuntak 25, Marko Simic 9, Novri Setiawan 11.

Pelatih: Julio Banuelos.

  • PSM Makassar (4-3-3): Hilmansyah 97; Asnawi Mangkualam 14, Abdul Rahman 28, Aaron Evans 2, Beny Wahyudi 32; Rasyid Bakri 17, Marc Klok 10 (c), Rizky Pellu 19; Zulham Zamrun 7/Eero Markkanen 9 (74'), Guy Junior 39, M Rahmat/M Arfan 48 (86).

Pelatih: Darije Kalezic.