Bola Internasional

5 Pemain yang Dirugikan dengan Ditiadakannya Ballon d’Or 2020

Selasa, 21 Juli 2020 22:18 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Penghargaan Ballon d’Or 2020 resmi ditiadakan oleh majalah France Football sebagai dampak pandemi corona. Sejumlah bintang ini dinilai dirugikan keputusan itu. Copyright: © Getty Images
Penghargaan Ballon d’Or 2020 resmi ditiadakan oleh majalah France Football sebagai dampak pandemi corona. Sejumlah bintang ini dinilai dirugikan keputusan itu.

INDOSPORT.COM – Penghargaan Ballon d’Or 2020 resmi ditiadakan oleh majalah France Football sebagai dampak pandemi corona. Sejumlah bintang ini dinilai dirugikan keputusan itu.

Untuk pertama kali sejak tahun 1956, penghargaan Ballon d’Or ditiadakan di tahun 2020 ini. Pihak majalah France Football sebagai pemrakarsa menilai tahun 2020 ini tidak bisa dianggap normal.

Sebagaimana diketahui, pandemi virus corona mengacaukan penyelenggaraan kompetisi sepak bola di seluruh dunia. Piala Eropa 2020 terpaksa diundur, sedangkan sejumlah liga domestik harus terhenti sejenak dan bahkan ada yang terhenti total di tengah jalan.

Kondisi itu membuat France Football merasa tidak bisa memberikan penilaian yang adil dalam penyelenggaraan gelaran itu.

Meski demikian, dilansir Marca, ada beberapa pemain yang dianggap dirugikan oleh keputusan itu, termasuk Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang secara total telah mengoleksi 11 trofi tersebut di antara mereka.

Berikut ini 5 pemain yang dirugikan dari ditiadakannya Ballon d’Or 2020:

1. Lionel Messi

Meski gagal membawa Barcelona menjuarai LaLiga Spanyol musim ini, Lionel Messi tetap mampu meraih prestasi luar biasa di tengah usianya yang sudah mencapai 33 tahun.

Catatan 25 gol dan 21 assist yang dibuatnya di LaLiga Spanyol musim ini menjadikan Lionel Messi sebagai pemain pertama yang mencetak lebih dari 20 gol dan 20 assist dalam satu musim LaLiga Spanyol. Angka 21 assist itu pun menjadi rekor assist terbanyak dalam 1 musim di kompetisi itu.

2. Cristiano Ronaldo

Megabintang Cristiano Ronaldo di ambang keberhasilan membawa Juventus menjuarai Serie A Italia musim ini. Pasalnya, saat ini Si Nyonya Tua di puncak klasemen dengan keunggulan 8 poin dari Inter Milan dengan 4 laga tersisa.

Selain itu, belum lama ini Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama yang mampu mencatatkan sedikitnya 50 gol di Serie A Italia, LaLiga Spanyol, dan Liga Inggris. Ia juga memuncaki daftar top skor Serie A Italia musim ini dengan 30 gol, bersama Ciro Immobile.

© Alexander Hassenstein / Getty Images
Robert Lewandowski tengah merayakan golnya dalam pertandingan Bayern Munchen vs Freiburg, Sabtu (20/06/20). Copyright: Alexander Hassenstein / Getty ImagesRobert Lewandowski penyerang Bayern Munchen.

3. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski bisa disebut sebagai pemain yang paling dirugikan dengan tidak adanya Ballon d’Or 2020. Pasalnya, ia tampil spektakuler musim ini dengan mencetak 51 gol untuk Bayern Munchen hanya dari 43 pertandingan, catatan yang sulit dikejar pemain mana pun musim ini.

Selain itu, Robert Lewandowski juga berhasil membawa Bayern Munchen menjuarai Bundesliga Jerman musim ini. Die Roten juga masih berpeluang melaju di Liga Champions karena unggul 3-0 atas Chelsea di leg pertama 16 besar.