Liga Spanyol

Barcelona Gagal Total, 5 Pelatih Ini Siap Gantikan Quique Setien

Kamis, 23 Juli 2020 17:16 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© DeFodi Images/GettyImages
Berikut ini deretan pelatih kelas dunia yang siap menggantikan Quique Setien jika dipecat Barcelona. Copyright: © DeFodi Images/GettyImages
Berikut ini deretan pelatih kelas dunia yang siap menggantikan Quique Setien jika dipecat Barcelona.

INDOSPORT.COM – Quique Setien di ambang pemecatan setelah Barcelona merana pada musim 2019-2020. Berikut ini deretan pelatih kelas dunia yang siap menggantikan dirinya untuk mengukangi klub LaLiga Spanyol ini selanjutnya.

Barcelona gagal mempertahankan status gelar juara tiga kali secara beruntun setelah Real Madrid berhasil merengkuhnya pada Jumat (17/07/20) kemarin.

Kemenangan Los Blancos 2-1 atas Villarreal membuat tim besutan Zinedine Zidane itu terpaut 7 poin dari Barcelona, jarak yang tak mungkin lagi dikejar dengan satu sisa pertandingan.

Banyak pihak yang kemudian menyebut kegagalan Barcelona kali ini disebabkan kinerja seorang Quique Setien yang tak becus menangani skuat Blaugrana. Terlebih lagi, dia punya hubungan buruk dengan para pemain bintang.

Selama melatih Blaugrana, Setien membukukan 14 kemenangan, empat hasil imbang, dan empat kekalahan. Dalam periode itu, Barcelona-nya Setien cukup produktif dengan catatan 40 gol dan 18 kebobolan.

Hasil mengecewakan ini membuat para dewan klub menggelar rapat darurat. Salah satu agenda dalam rapat itu yakni membahas masa depan sang pelatih.

Hasil rapat memutuskan Quique Setien dipastikan bakal tetap melatih Lionel Messi dkk di lanjutan Liga Champions pada Agustus nanti, namun siapa pelatih Barcelona musim depan masih dalam tanda tanya.

Berikut ini INDOSPORT merangkum daftar lima pelatih yang cocok dijadikan kandidat pengganti Setien untuk menangani Barcelona musim depan.

5. Xavi Hernandez

Nama Xavi Hernandez sejak Januari lalu telah dikaitkan untuk menjadi pelatih Barcelona menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat. Namun, ia menolak karena merasa waktunya kurang tepat hingga akhirnya Barca menunjuk eks pelatih Real Sociedad, Quique Setien.

Kini dengan situasi Quique Setien berada di ujung tanjuk usai membuat Barcelona melorot ke peringkat dua klasemen, Xavi kembali diharapkan untuk menangani Lionel Messi dkk.

Bulan lalu, Xavi sendiri sudah menyatakan sangat senang bila diberi kesempatan kembali ke Barcelona dan mengemban amanah sebagai pelatih mantan klubnya.

“Saya sangat berharap saya bisa menjadi pelatih Barcelona dan mengembalikan Barca ke jalur kemenangan,” kata Xavi bulan lalu.

4. Ronald Koeman

Ronald Koeman bakal jadi kandidat kuat pelatih Barcelona baru karena punya formasi andalan 4-3-3. Selain itu, dia punya keunggulan dalam melatih passing tiap pemainnya. Ia juga punya kualitas bagus dalam hal pengembangan para pemain muda sehingga bisa jadi awal regenerasi Blaugrana.

Koeman sejatinya sudah mendapat tawaran sejak awal untuk tukangi Barcelona, tapi sempat dibatalkan karena alasan ia masih mau fokus dengan Timnas Belanda untuk berlaga di Euro 2020 yang diundur tahun depan.

Meski begitu, Koeman mengakui ada klausul dalam kontraknya yang memungkinkan dia meninggalkan perannya untuk mengambil alih Barcelona.

“Dalam kontrak saya, ada klausul yang akan membiarkan saya meninggalkan pekerjaan Timnas setelah Euro namun bukan saatnya memikirkan itu. Semua orang tahu impian saya untuk melatih Barcelona,” kata Koeman saat diwawancari Radio Catalunya dilansir dari Sportskeeda.